Kaos Merah Kepung Pemerintah Thailand

Nasional / 27 March 2009

Kalangan Sendiri

Kaos Merah Kepung Pemerintah Thailand

Puji Astuti Official Writer
3302

Pemerintahan Thailand kembali digoncang, kali ini pendukung Mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra melakukan aksi demonstrasi. Dengan menggunakan kaos merah, sekitar 30.000 orang demonstran mengepung gedung pemerintah menuntut di turunkannya PM Abhisit Vejjajiva yang baru memerintah selama tiga bulan.

Para pendukung Thaksin ini menuntut dilakukannya pemilu kembali. Tujuan mereka sangat jelas, seperti yang di ungkapkan oleh Jatuporn Prompan, "Hari ini kita hanya memiliki satu tujuan,menggulingkan pemerintahan ini."

Thanksin yang digulingkan pada kudeta di tahun 2006, akan menyampaikan pidatonya pada para pendukungnya melalui jaringan video pada Kamis atau Jumat nanti.

Mencoba mencegah terjadinya kekacauan, sekitar 6000 personil tentara dan 2000 orang polisi melakukan penjagaan ketat terhadap gedung pemerintah.

Perdana Menteri Abhisit yang memerintah saat ini menolak untuk menyatakan hal ini sebagai keadaan darurat.

"Saya yakin pemerintah tidak akan mengumumkan keadaan darurat, tetapi apapun yang terjadi, kami siap mengatasinya," demikian tegas Abhisit.

Abhisit juga memerintahkan para tentara dan polisi untuk "ekstra sabar" menghadapi para demonstran karena diperkirakan akan ada provokasi. Abhisit di demo karena di tuduh sebagai boneka militer Thailand.

Sumber : Okezone/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami