Keseimbangan

Kata Alkitab / 27 March 2009

Kalangan Sendiri

Keseimbangan

Puji Astuti Official Writer
5297

Memelihara keseimbangan antara dunia kerja dan keluarga adalah sebuah tugas yang menantang bagi seorang percaya yang terjun dalam dunia market place. Bagi seorang CEO ataupun karyawan yang sibuk, seringkali keluarga sudah mendahului masalah-masalah di tempat kerja.

Memang tidak mudah untuk menjadikan keluarga sebagai prioritas utama. Namun ada beberapa hal yang perlu di sadari, hal ini dituliskan dengan jelas dalam Alkitab.

Pertama, sadarilah bahwa keluarga adalah dasar. Dalam Alkitab ada tiga institusi yang di akui oleh Allah: keluarga, gereja dan pemerintah. Gereja terdiri dari keluarga-keluarga, dan gereja hanya akan efektif jika keluarga-keluarga yang ada di dalamnya baik.

Pemerintah adalah lembaga yang menjamin kemerdekaan dan keamaan bagi keluarga-keluarga dan juga gereja.

Dari ketiga institusi tersebut, keluarga adalah institusi utama yang mendasari institusi-institusi lainnya. Keluarga adalah institusi pertama yang Allah bentuk sendiri (Kejadian 1:27-28). Keluarga merupakan suatu kesatuan yang terbentuk karena ikatan kasih dan merupakan tempat pelatihan dasar kehidupan, dan tempat dimana Allah menyatakan kasihNya.

Kedua, keluarga merupakan prioritas pertama. Prioritas manusia harusnya mengikuti alur ini, pertama hubungan dengan Allah; kedua, komitmen pada keluarga; dan ketiga, komitmen pada pekerjaan dan lapangan kerja.

Namun yang ada saat ini, urutan prioritas tersebut dibalik, pekerjaan menjadi hal utama dibandingkan hubungan dengan Allah dan keluarga.

Menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga merupakan kunci kesuksesan, namun harus diakui hal ini tidak mudah. Sifat alami manusia adalah maju terus sampai suatu hari akhirnya terbentu masalah. Alangkah bijaksananya jika kita bisa mengantisipasi masalah yang akan datang.

Buatlah pendekatan-pendekatan yang berorientasi pada keluarga dalam bisnis Anda. Seringkali kebijakan ini adalah kebijakan sederhana yang tidak memakan biaya seperti sesekali mengajak anak Anda untuk mengunjungi tempat kerja Anda.

Mungkin untuk bisa menerapkan hal ini, ada harga yang sangat mahal yang harus di bayarkan, namun percayalah bahwa hal itu cukup berharga untuk Anda perjuangkan. Waktu-waktu yang Anda luangkan bersama keluarga Anda adalah sebuah investasi yang tak ternilai harganya. Mereka akan menyimpan setiap kenangan bersama Anda dan menjadikannya harta warisan yang tak mungkin dibandingkan dengan harta apapun. (Adaptasi dari : Loving Monday, John D.Beckett, Pustaka Alumni)

Sumber : Jawaban.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami