Menghadapi Anak Gadis Anda

Parenting / 25 March 2009

Kalangan Sendiri

Menghadapi Anak Gadis Anda

agnes.faith Official Writer
3290

Pada saat anak gadis Anda masuk ke usia sekolah menengah pertama, pada saat itu ia menjadi lebih dekat dengan pubertas. Pada saat-saat seperti itu janganlah heran bila anak gadis Anda sering memperlihatkan kelakuan yang tidak seperti biasanya. Mungkin ia akan menggunakan kaca seharian, memakai kamar mandi lebih lama dari biasanya atau memakai make up.

Hal itu adalah wajar, karena pada saat itu ia ingin terlihat cantik, berpenampilan menarik dan popular. Atau ada kebiasaan yang lain seperti sering jalan-jalan ke mal atau bermain internet. Hal itu dilakukan mereka karena ingin mencari jati diri dan menarik lawan jenisnya.

Popularitas itu sama dengan sukses untuk mereka. Menurut penelitian, remaja yang merasa dirinya ok dan memiliki hubungan baik dengan teman-temannya akan cenderung kebih sukses pada masa mendatang. Tetapi mereka yang merasa tidak pas dengan orang-orang disekitarnya akan mengalami masalah dalam mencari pekerjaan dan pasangan hidup nantinya.

Anak Anda tidak perlu bergaul dengan anak-anak yang keren untuk dapat meningkatkan self esteem nya. Banyak tempat yang positif untuk anak Anda dapat bergaul dan mengembangkan potensinya. Misalnya dengan mengikuti klub olahraga atau kegiatan lain diluar sekolah. Anjurkan anak gadis Anda untuk tetap menjalin persahabatan yang baik dengan siapa saja.

Dunia remaja adalah dunia yang dinamis, mudah berubah. Mereka mungkin akan memiliki pandangan yang benar tentang kehidupan social. Bila Anda melihat anak Anda berusaha keras untuk diterima dalam pergaulannya, ajaklah ia berbicara dan dukung ia untuk coba mencari teman yang lebih akan menerimanya. Biarkan ia melakukan yang terbaik. Dari talentanya dan penampilannya ia diterima dan menjadi kebanggan teman-temannya.

Bila anak gadis Anda menjadi pemimpin atau yang paling popular di pergaulannya, tugas Anda adalah mengawasi anak gadis Anda dan mengarahkannya untuk tetap berada dalam jalur. Semakin mereka popular di sekolah, semakin besar resiko mereka untuk terkena pengaruh negative. Lakukan selalu pendekatan dengan anak gadis Anda. Ajari mereka tentang nilai-nilai baik dan positif yang Anda ketahui.

Sumber : workingmother.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami