Merokok di Dalam KA, Penjara Tiga Hari

Serba-Serbi Sehat / 25 March 2009

Kalangan Sendiri

Merokok di Dalam KA, Penjara Tiga Hari

Lestari99 Official Writer
4304

\"\"Seorang pria Cina ditahan selama tiga hari karena melanggar aturan tidak boleh merokok di dalam sebuah kereta api baru berkecepatan tinggi. Media massa setempat melaporkan hukuman ini jarang terjadi di negara di mana larangan merokok sering dilanggar.

Kantor berita Cina, Xinhua, melaporkan, tersangka yang tidak disebutkan namanya itu tertangkap basah merokok di dalam toilet tak lama setelah kereta api itu bertolak dari Tianjiang ke Beijing. Akibatnya, bunyi tanda peringatan bahaya berbunyi, dan menyebabkan kereta api itu terpaksa dihentikan.

Jalur kereta api berteknologi tinggi itu menghubungkan ibukota Beijing dengan kota jirannya, Tianjining. Kereta cepat itu mulai dioperasikan saat Olimpiade Beijing tahun lalu dan fasilitas interiornya lebih mewah dari kereta biasa di Cina, termasuk kursi-kursi putar dan ruang-ruang dalamnya yang luas.

Tanda-tanda larangan dan aturan tidak boleh merokok biasanya tak dipedulikan di Cina, di mana hampir separuh dari jumlah pria China merokok.

"Memang secara tegas dilarang merokok di kereta-kereta api ekspres Beijing-Tianjin, dan pihak berwenang mengharapkan setiap orang menghormati aturan itu, berpergian dengan cara beradab, dan menjamin keselamatan kereta dan memastikan ketepatan waktu," kata seorang pejabat Cina.

Kalau saja pemerintah Indonesia bisa sedikit lebih tegas seperti di Cina, akan banyak nyawa yang terselamatkan dari pengaruh rokok yang sangat buruk bagi kesehatan.

Sumber : antara
Halaman :
1

Ikuti Kami