Menyiasati Penyakit Lupa

Investment / 20 March 2009

Kalangan Sendiri

Menyiasati Penyakit Lupa

Budhi Marpaung Official Writer
3064

Aktivitas rutin Anda yang begitu padat tentunya menuntut Anda selalu prima. Tidak hanya prima secara fisik saja, tetapi juga Anda harus memiliki jiwa yang sehat. Salah satu masalah yang mengganggu aktivitas Anda pada umumnya adalah pikiran yang sering lupa.

Gangguan pada otak manusia ini tidak hanya menimpa pada orang-orang yang lanjut usia atau menginjak usia-usia tertentu, tetapi orang tergolong usia produktif pun terkena masalah ini. Tentunya bukanlah hal yang mudah dan juga bukan hal yang sulit pula untuk mengatasi masalah ini. Jika Anda saat ini merasa atau sudah terkena ke kebiasaan negatif ini maka Anda harus segera mempraktikan langkah-langkah di bawah ini. 

1. Pikirkan setiap masalah dengan kesadaran dan konsentrasi penuh. Untuk langkah pertama ini, Anda dapat memulainya dengan menaruh file yang Anda simpan dan ingatlah tempat tersebut. Saat menaruh file tersebut disarankan Anda tidak memikirkan hal-hal lain selain apa yang sedang dilakukan saat ini.

2. Usahakan simpan sesuatu dengan alasan tertentu. Misalkan, ketika Anda menaruh kacamata baca, taruhlah benda tersebut di tempat yang mudah diraih. Kemudian Anda menyimpan file-file penting di bawah laci karena di tempat tersebut adlaah tempat yang paling aman dan sulit dijangkau orang lain.

3. Untuk hal-hal yang bersifat ingatan waktu seperti konfirmasi pertemuan dengan klien, ingatlah dengan siapa, dimana, dan kapan pertemuan itu diadakan. Saat terjadi percakapan.dengan klien, Anda dapat memulai mengingatnya dengan cara membuat kalimat yang Anda katakan di dalam hati. Setelah itu, untuk memperkuat ingatan Anda, buatlah catatan lengkap tentang hal-hal penting yang dibicarakan atau berikan tanda di kalendar Anda tentang waktu-waktu yang penting disisip dengan catatan.

4. Lakukan aktivitas-aktivitas ringan yang dapat merangsang pikiran Anda. Hal ini perlu Anda lakukan dengan cara misalkan bermain scrabble (susun kata), TTS, atau catur. Bahkan latihan fisik seperti olahraga dapat membantu pertajam daya ingat Anda karena olahraga dapat menyegarkan pikiran dengan memperlancar peredaran darah ke otak.

5. Sempatkan waktu anda untuk bersantai dan istirahat. Dengan melakukan hal ini dalam hidup Anda maka sel-sel saraf Anda akan menjadi lebih ringan setelah lelah bekerja dan berpikir.

Untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaan yang sedang Anda jalani maka segala sesuatunya pun harus dipersiapkan dengan baik. Ketika Anda dapat mengatasi penyakit lupa ini, tentunya hal-hal yang menjadi tanggung jawab Anda dapat diselesaikan sesuai dengan baik. Selamat mencoba dan memiliki daya ingat yang tajam!!

Sumber : www.glorianet.org/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami