Living Changing Life

Kata Alkitab / 18 March 2009

Kalangan Sendiri

Living Changing Life

Budhi Marpaung Official Writer
5343

"Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia, iman kita" (I Yohanes 5:4)

Kita sering kali dipusingkan dengan banyak aktivitas atau kegiatan-kegiatan yang selalu dilakukan tiap hari. Namun, hal itu sepertinya tidak berdampak apa-apa bagi orang-orang di sekeliling. Kita mungkin mengatakan bahwa kita sudah maksimal dalam melakukan setiap bagian kita, tetapi hasilnya sepertinya nihil sehingga muncullah perasaan bahwa kita tidak berguna bagi orang lain. Kali ini kita akan sama-sama belajar mengenai menghidupi kehidupan yang mengubahkan (living changing life).

Setiap orang yang mengalami Tuhan Yesus secara pribadi dalam hidupnya pasti hidupnya berubah dan menginginkan orang lain juga mengalami seperti apa yang dia alami. Namun, seringkali kita tidak tahu bagaimana harus melakukannya. Yohanes Pembaptis merupakan salah satu contoh tokoh Alkitab yang nyata untuk berbicara mengenai bagaimana hidupnya mengubahkan lingkungan sekitarnya .

Dalam kitab matius 11:12 yang berbunyi "Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya," memperlihatkan bahwa Yohanes Pembaptis adalah seorang yang membuat "heboh" orang-orang dengan pemberitaan kabar keselamatan kepada orang-orang yang belum mengenal Allah. Kehadiran Yohanes Pembaptis membuat orang-orang yang benci dengan pengajaran yang dia bawa mencoba menguasai hidupnya agar ajarannya dapat diserongkan. Namun, orang-orang tersebut gagal dan perubahan terjadi bagi orang-orang yang ada di sekelilingnya.  

Dari kehidupan Yohanes pembaptis ini, ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dan diterapkan dalam kehidupan kita masing-masing:

1. Untuk mempunyai kehidupan yang mengubahkan adalah Anda harus memiliki mimpi. Bangun mimpi yang Anda miliki dan jalankan mimpi tersebut. Yohanes Pembaptis adalah orang yang dikhususkan oleh Allah untuk menjadi pembuka jalan bagi pelayanan Yesus kemudian. Yohanes Pembaptis mengetahui hal ini dan menjalankan sesuai apa yang Tuhan rancangkan bagi hidupnya.

2. Miliki keberanian untuk melangkah dalam membuat sebuah perubahan dalam hidup kita. Tanpa keberanian, maka Anda akan berada pada posisi Anda selama ini yang biasa-biasa saja atau kurang berdampak bagi orang sekitar.

3. Ambil kesempatan untuk mengubahkan lingkungan sekitar Anda ketika itu tiba. Jangan menyia-nyiakan kesempatan yang ada dan lihatlah sebagai anugerah yang Anda terima dari Allah untuk memberi dampak kepada sekitar Anda.

Untuk menghidupi kehidupan yang mengubahkan lingkungan sekitar, ada 3 kunci agar hal itu dapat berhasil:

1. Hiduplah melihat kepada kekekalan.

2. Hidupilah hari itu sebagai kesempatan dan untuk hari itu saja.

3. Lihatlah sesuatu yang kecil dan kerjakan dengan segala yang kita miliki.

Anda dan saya adalah anak-anak Allah yang memiliki misi untuk mengubah hidup orang-orang yang belum percaya Yesus dan menyatakan kemuliaan Allah bagi dunia ini.

Sumber: Khotbah Ps. John Burns pada Ibadah Minggu JPCC, Jakarta, tanggal 7 Desember 2008. Ps. John Burns beserta istrinya, Helen Burns, adalah Gembala dari Victory Christian Centre, Amerika Serikat. Saat ini gereja yang digembalakannya ada di 3 tempat di AS, yakni Vancouver, Surrey, Abbotsford.

Halaman :
1

Ikuti Kami