AS: Kalangan Pemuka Agama Menolak Kebijakan Pemerintah

Internasional / 16 March 2009

Kalangan Sendiri

AS: Kalangan Pemuka Agama Menolak Kebijakan Pemerintah

Budhi Marpaung Official Writer
4765

Kebijakan negara bagian Conneticut, AS, untuk mengatur kebijakan keuangan gereja ditentang oleh banyak kalangan lintas agama yang ada disana. Kebijakan negara bagian Conneticut yang ditentang oleh sebagian besar warganya adalah keuangan gereja diatur oleh anggota gereja.

Awal mula dari ketidaksetujuan kebijakan ini ketika Umat Katolik yang berada di Conneticut yang sama-sama bersepakat untuk menolak kebijakan pemerintah yang "memaksa" gereja untuk membuat pengaturan keuangan gereja kepada para anggota gerejanya. Tentulah hal ini ditentang oleh mereka (Umat Katolik, red) karena kebijakan ini akan mengubah struktur gereja mereka.

Apabila kebijakan ini diberlakukan, maka anggota gereja Katolik Conneticut akan menyeleksi para anggota dewan pengurus keuangan gereja sebanyak 13 orang, selain Uskup Agung. Penyeleksian dilakukan dengan sistem voting (suara terbanyak).

Alasan mengapa kebijakan ini ditentang oleh orang-orang dari aliran agama lain, seperti umat Protestan, Muslim, maupun Yahudi dikarenakan mereka melihat indikasi bahwa peraturan ini dapat menghancurkan kebebasan beragama yang sudah terjalin di Conneticut. Kebijakan ini mungkin baru diterapkan kepada gereja Katolik, tetapi bukan berarti, kebijakan tersebut juga menimpa mereka.   

Senator Conneticut yang berasal dari Partai Republik, John Kissel, mengatakan bahwa kebijakan pengaturan keuangan gereja yang dikeluarkan oleh negara bagian Conneticut melanggar konstitusi yang ada dan akan mengancam kebebasan beragama.

Senator Kissel juga mengkritik dewan legislatif Negara Bagian Conneticut yang mengeluarkan peraturan ini karena menganggap para anggota memiliki kekuatan untuk membuat kebijakan. Kebijakan yang seharusnya menyejahterakan manusia, malah mengungkung kehidupan seseorang.

Melihat reaksi yang negatif dari masyarakat akhirnya Pemerintah Negara Bagian Conneticut menangguhkan kebijakan untuk kalangan gereja. Walaupun begitu, Senator Kissel mengingatkan agar masyarakat juga tetap memberikan perhatian terhadap kebijakan negara bagian ini karena bisa saja peraturan ini dapat dikeluarkan kembali oleh Pemerintah Negara Bagian Conneticut.

Sumber : cbn.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami