Phil Keaggy

A to Z Biography / 15 March 2009

Kalangan Sendiri

Phil Keaggy

Puji Astuti Official Writer
4508

Phil Keaggy mungkin adalah salah satu pemain gitar paling di kagumi dalam dunia musik saat ini. Para penggemarnya mulai dari para pemula hingga pemain musik professional yang sangat di pengaruhi oleh permainannya. Selain itu penggemarnya juga ada yang hanya sebagai penikmat musik saja.

Karir solonya telah dijalani hampir lebih dari 30 tahun, dan telah menghasilkan 50 album, baik dengan lirik maupun hanya instrumental. Selain itu, dia juga membuat 8 album bersama bandnya, Glass Harp.

Lahir pada 23 Maret tahun 1951, di Youngstown, Ohio. Anak ke sembilan dari sepuluh bersaudara ini hidup dalam rumah yang penuh dengan musik. Pada ulang tahunnya yang ke 10, kakaknya Dave membawakannya pulang sebuah gitar Sears Silvertone. Dan mulai hari itu keajaiban dimulai.

Sekalipun banyak melakukan perjalanan pulang pergi Ohio dan California, karena pekerjaan ayahnya, hal tersebut tidak membuatnya menjauh dari musik. Pada umurnya yang ke 13, Phil bergabung dengan grup band pertamanya, Keystones. Sejak itu dia mulai mencoba bergabung dengan berbagai band lokal seperti The Vertices, The Squires dan Volume Four yang kemudian berganti nama menjadi New Hudson Exit.

Tapi itu semua terjadi sebelum dia membentuk band Glass Harp pada tahun 1970. Glass Harp ini memiliki personil John Sferra pada drum, yang adalah teman masa kecilnya, Phil pada gitar dan John Sferra pada bass. Ketika band ini meluncurkan album pertamanya, orang-orang baru menyadari adanya bakat luar biasa pada pemain gitar ini.

Ditahun yang sama ibu Phil meninggal dalam sebuah kecelakaan. Hal tersebut sangat membuatnya terpukul. Hingga akhirnya, kakak perempuannya menuntunnya untuk menemukan kedamaian di dalam Yesus. Sejak saat itu, Phill hidup dalam sebuah kehidupan baru.

Dan selama dia bermain dalam grup band Glass Harp ini, Phil berjumpa dengan seorang wanita yang bernama Bernadette, yang kemudian menjadi istrinya.

Pada tahun 1972, Phil meninggalkan Glass Harp dan mulai karir solonya. Album solo pertamanya diluncurkan pada tahun 1973, berjudul "What A Day." Dan pada tahun yang sama, di musim panas, Phil dan Bernadette menikah. Mereka kemudian pindah ke New York dan bergabung dengan gereja Love Inn.

Phil sempat absent selama empat tahun dalam menghasilkan album. Dan pada 1976, dia meluncurkan album yang berjudul "Love Broke Thru."

Pada awal-awal perkembangan industri musik Kristen, Phil ikut berperan dan dibuktikan dengan berhasil menyabet Dove award pertamanya di tahun 1988 untuk album istrumentalnya "The Wind and the Wheat." Dove awar keduanya di dapatnya pada tahun 1992. Dan sejak 1998 hingga 2001, Phil mendominasi perolehan Dove award. 

Dan hingga hari ini, Phil Keaggy terus memukau penggemarnya di berbagai penjuru Amerika. Dia sangat menyadari bahwa panggilannya adalah untuk memberitakan injil melalui musiknya, dan selama 30 tahun ini dia sangat bersyukur dapat melakukan hal tersebut. Dia berharap dapat terus melakukan hal tersebut di tahun-tahun ke depan.

Discography

The Song Within (2007)

Acoustic Cafe (2007)

Dream Again (2006)

Roundabout (2006)

Jammed! (2006)

It's Personal (2004)

Special Occasions (2003)

Freehand: Acoustic Sketches II (2003)

History Makers (2003)

Hymnsongs (2002)

In the Quiet Hours [out of print] (2001)

Cinemascapes [out of print] (2001)

What Matters [out of print] (2001)

Uncle Duke [out of print] (2000)

Zion [out of print] (2000)

Lights of Madrid (2000)

Inseparable (2000)

Re-Emerging [out of print] (2000)

Music to Paint By Still Life [out of print] (1999)

Sumber : CBN.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami