Ikan Langka: Memiliki Gigi Seperti Drakula

Nasional / 14 March 2009

Kalangan Sendiri

Ikan Langka: Memiliki Gigi Seperti Drakula

Budhi Marpaung Official Writer
5201

Baru-baru ini, warga masyarakat Yangon, Burma, dikejutkan oleh sebuah penemuan ikan langka. Dikatakan langka, karena selain jumlahnya yang tidak terlalu banyak, ikan langka ini memiliki gigi memanjang mirip taring vampir atau drakula. Ikan langka ini ditemukan di sungai bagian utara Burma.

Sejumlah ilmuwan yang meneliti ikan ini menyatakan bahwa ikan bertaring seperti drakula ini adalah ikan spesies baru. Para ilmuwan memberi nama Danionella dracula.

Dr. Ralf Britz, zoolog dari Museum Sejarah Nasional London mengatakan bahwa penemuan ikan langka ini adalah penemuan hewan bertulang belakang yang paling luar biasa dalam satu dekade terakhir ini. Selain memiliki taring seperti drakula, tubuh ikan langka ini transparan.   

Britz mengungkapkan juga bahwa ikan yang ditemukan di Burma itu adalah bagian kelompok ikan yang disebut cypriniform yang merupakan kelompok dekat ikan zebra. Namun, yang membedakan Danionella dengan spesies-spesies ikan yang lain karena gigi taringnya tersebut. Britz juga menambahkan bahwa taring pada ikan sebenarnya sudah hilang selama 150 juta tahun lalu.  

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami