Kereta Bayi Pengaruhi Kemampuan Bahasa Anak

Psikologi / 12 March 2009

Kalangan Sendiri

Kereta Bayi Pengaruhi Kemampuan Bahasa Anak

Puji Astuti Official Writer
6303

Tahukah Anda bahwa pola Anda menggunakan kereta bayi dan disain kereta bayi tersebut dapat mempengaruhi perkembangan bahasa buah hati Anda?

M. Suzanne Zeedyk, seorang dosen senior bidang psikologi di Universitas Dundee, Skotlandia mempelajari bahwa ada 2700 cara untuk keluarga berinteraksi dengan bayi ketika sedang mendorong kereta bayinya.

Bayi yang di dorong dengan wajah menghadap orang yang mendorongnya, akan lebih berkembang kemampuan bahasanya, dengan syarat bahwa orang yang mendorong tersebut mengajak si bayi berbincang saat berjalan-jalan. Dengan wajah si bayi menghadap ke si pendorong, hal tersebut membuat si pendorong, baik itu orangtua atau pengasuhnya bisa memperhatikan ekspresi si bayi tentang apa yang menarik perhatiannya.

Memang bayi tidak selalu berada di kereta dorong, namun yang berperan penting disini adalah waktu yang disediakan orangtuanya untuk mengajaknya bicara. Kemampuan berbicara si bayi akan berkembang dengan diajak berbicara setiap hari.

Bayi perlu diajak berinteraksi di mana pun dia berada, baik di rumah, di kereta dorong, di mobil bahkan saat ia makan. Anda harus menemukan apa yang menarik perhatian dan menjadi minat mereka.

Sumber : New York Times/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami