Pesawat Cargo Uganda Terbakar Lalu Jatuh

Nasional / 10 March 2009

Kalangan Sendiri

Pesawat Cargo Uganda Terbakar Lalu Jatuh

agnes.faith Official Writer
3191

 

KAMPALA-Tujuh orang dilaporkan tewas ketika pesawat kargo terbakar dan kemudian jatuh ke Danau Victoria di dekat bandara utama Uganda, Senin (9/3). Demikian dikatakan juru bicara militer Uganda.

Mayjen Felix Kulaigye menyatakan, korban tewas terdiri dari seorang warga Buruni, seorang warga Uganda, dan seorang warga Afrika Selatan. Adapun empat awak pesawat sejauh ini belum diketahui kebangsaannya.

Kulaigye menyatakan, seorang saksi mata mengaku melihat pesawat terbakar di udara sebelum akhirnya jatuh ke danau. "Pesawat itu mengangkut mesin penjernih air, pipa, dan peralatan lain," kata saksi mata tersebut.

Juru bicara kepolisian Judith Nabakooba menyatakan, pesawat mengalami kecelakaan di dekat Pulau Bugunga, sementara sejumlah polisi sudah dikirim ke lokasi kejadian.

Seorang pejabat Otoritas Penerbangan Sipil Uganda, Viany Lugya, menyatakan, Menteri Perhubungan Uganda akan mengeluarkan keterangan resmi secepatnya.

Kecelakaan pesawat sudah sering terjadi di Afrika, di mana banyak perusahaan penerbangan masih mengoperasikan pesawat-pesawat tua atau out of date, sementara infrastruktur penerbangan juga sering kali tidak terawat dengan baik. Bahkan, banyak pesawat dari Afrika dilarang terbang ke Eropa.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami