Mengelola Keuangan Dengan Bertanggung Jawab

Investment / 10 March 2009

Kalangan Sendiri

Mengelola Keuangan Dengan Bertanggung Jawab

Budhi Marpaung Official Writer
2812

Setiap apa yang ada di dalam dunia ini adalah kepunyaan Allah dan itu tidak dapat dibantahkan. Akan tetapi, seringkali kita tidak sadar akan hal ini. Kita sering mengira bahwa kita lah sang pemilik harta kekayaan dan tidak perlu dipertanggung jawabkan kepada siapa pun. Paradigma ini salah dan perlu diubah.

Kekayaan yang kita miliki haruslah dikelola dengan baik. Tuhanlah yang akan berurusan dengan kita dan meminta tanggung jawab setiap apa yang kita lakukan termasuk mengenai keuangan. Anda dapat belajar pengelolaan keuangan dari banyak hal di sekeliling Anda. Kali ini, kita akan belajar dari apa yang para atlet olahraga dalam keseharian mereka dalam mencapai prestasi oleharaga mereka.

Ada beberapa tips yang dapat Anda ambil dari kehidupan atlet olahraga yang dapat diterapkan dalam keseharian Anda sebagai pengelola keuangan yang bertanggung jawab:

1. Tinggalkan Masa Lalu. Mereka berlatih dalam waktu yang lama dan meninggalkan kesalahan yang pernah mereka lakukan di belakang mereka dan konsentrasilah dengan apa yang ada di depan Anda saat ini. Jikalau pada waktu dahulu, pengelolaan uang Anda tidaklah baik, jangan terpaku di dalam situasi tersebut. Buang jauh pikiran-pikiran bahwa Anda tidak dapat mengelola keuangan dengan baik.

2. Mainkan Permainan Berikutnya. Hal yang paling penting adalah fokus dengan apa yang mereka kerjakan sekarang. Mereka mengetahui bahwa mereka mereka tidak dapat memperbaiki kesalahan mereka hanya dalam satu waktu, tetapi mereka dapat memulainya kembali satu demi satu. Jika Anda saat ini mempunyai komitmen untuk mengelola keuangan dengan baik, lakukanlah komitmen Anda. Buatlah langkah-langkah sederhana yang dapat Anda lakukan agar dapat mencapai komitmen Anda dan kerjakan apa yang sudah buat sebelumnya.

3. Ikuti Latihan Mereka. mereka telah berlatih beberapa waktu lamanya agar dapat melakukan dengan sangat baik dan itulah yang paling mendasar adalah mereka tetap melakukan latihan-latihan mereka. Mereka tidak melakukan hal-hal spontanitas ketika melakukan permainan mereka. Mereka hanya berkonsenterasi melakukan apa yang mereka latih selama ini. Apabila Anda adalah orang yang baru berkomitmen mengelola keuangan dengan baik, latihlah diri Anda dalam mengelola keuangan tanpa henti. Jikalau Anda berhenti melatih diri berarti Anda tidak ingin mengelola keuangan dengan bertanggung jawab.   

4. Tekun. Maksud dari tips ke-4 ini adalah mengulangi langkah pertama berulang-ulang kali. Itu tidaklah mudah. Itu memerlukan "Sebuah ketaatan dalam sebuah arah yang sama." Itulah dinamakan berbuah. Jikalau Anda telah menyelesaikan langkah demi langkah dari ketiga langkah tersebut, jangan berpuas diri. Terus lakukan dan jangan jemu-jemu untuk kembali melakukan ketiga langkah sebelumnya.

Sumber : cbn.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami