Mengatur Keuangan Dengan Financial Planner

Investment / 6 March 2009

Kalangan Sendiri

Mengatur Keuangan Dengan Financial Planner

Budhi Marpaung Official Writer
3338

Kehidupan di kota-kota besar yang mempunyai biaya tinggi tidak membuat orang-orang menjadi tidak konsumtif. Buktinya, banyak barang-barang mewah yang dipamerkan di jalan-jalan seperti kendaraan-kendaraan mewah baru atau pembangunan-pembangunan tempat tinggal yang diminati orang-orang perkotaan. Tetapi, hal ini tidak berarti bahwa orang-orang yang hidup di perkotaan tidak memikirkan kehidupan keuangan mereka.

Banyak dari orang yang hidup di kota mencoba untuk bertahan atau mengembangkan kehidupan mereka dengan melakukan perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan disini tidak hanya untuk orang-orang yang hendak mengasuransikan hidupnya ke perusahaan-perusahaan asuransi, tetapi orang-orang yang ingin mendapatkan masukan dan solusi mengenai bagaimana sebaiknya mereka mengelola keuangan mereka. Orang yang melakukan kegiatan perencanaan keuangan dikenal sekarang ini sebagai financial planner. Menjadi pertanyaan, bagaimana menemukan financial planner yang tepat? Hal-hal apa saja yang perlu diketahui sebelum Anda meminta jasa dari seorang financial planner? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa menjadi masukan bagi Anda yang ingin bekerja sama dengan seorang financial planner.

1. Perencana keuangan yang bisa dipercaya dan jujur. Adakah conflict of interest pada si financial planner itu? - Seorang financial planner yang independent tidak boleh memihak kepada satu produk keuangan, antara perusahaan asuransi, sekuritas dan perbankan. Sehingga dia tidak terfokus kepada satu produk saja. Seorang financial planner yang benar akan mengarahkan Anda kepada pemenuhan kebutuhan Anda sendiri. 

2. Anda juga harus peduli dengan investasi Anda sendiri dan memberikan pembelajaran. Ingatlah kata-kata nobody cares about our money, but ourselves. Jadi, pilihlah financial planner yang senantiasa mengajak Anda untuk selalu belajar berinvestasi.

3. Anda harus mengenali risk profilling diri sendiri. Saat Anda telah memilih untuk menggunakan jasa seorang financial planner, Anda tidak boleh ragu untuk melaksanakannya. Anda harus menerima segala konsekwensi dari setiap keputusan saudara pada saat menyerahkan pengelolaan keuangan Anda kepada seorang financial planner. Jika Anda masih ragu-ragu, ada baiknya Anda memikirkan kembali rencana Anda.

Selamat mengatur keuangan Anda, baik itu dengan diri sendiri maupun menggunakan jasa seorang financial planner !!

Sumber : www.rajaraja.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami