Bersiap Untuk Anak Selanjutnya

Parenting / 4 March 2009

Kalangan Sendiri

Bersiap Untuk Anak Selanjutnya

agnes.faith Official Writer
2561

Tidak perlu terlalu pusing dengan menjelang kehadiran sang buah hati yang baru. Besar atau kecil, persaingan pasti selalu ada dalam persaudaraan. Ini adalah suatu tantangan dan keuntungan untuk saudara kandung dan orangtua.

Perbedaaan 1 atau 2 tahun memberikan keuntungan yaitu salah satunya adalah adanya teman bermain dirumah. Orangtua juga dapat dengan mudah untuk adaptasikan kakak dengan adiknya yang akan lahir. Dengan perbedaan yang sedikit dapat membuat keluarga semakin dekat dan bersatu.

Walaupun dengan bantuan ayah yang super, tetap saja pada awalnya akan terjadi suatu perjuangan yang berat. Tahun-tahun pertama, Anda akan mengalami gangguan tidur karena Anda akan selalu mengawasi bayi Anda. Belum lagi bila anak Anda yang lain terbangun juga dan ikut menangis.

Tantangan yang akan Anda hadapi adalah mungkin bila jarak usia anak Anda berdekatan, mereka akan lebih sering bertengkar karena perebutan mainan, kasih sayang, teman-teman. Apalagi bila salah satu anak Anda sudah mulai merengek dan menangis. Berikan waktu khusus untuk setiap anak.

Perbedaan usia anak 2 atau 3 tahun adalah yang sering ditemui dalam keluarga karena hal ini dinilai sebagai jarak usia yang paling pas untuk mempunyai anak lagi. Mereka mungkin akan bertumbuh dan bermain bersama, tetapi hal ini baik karena akan memberikan waktu untuk sang ibu dalam mengandung lagi. Dengan banyaknya pertengkaran yang terjadi akan memungkinkan mereka untuk lebih mengasah dalam mencari jalan keluar dalam setiap masalah.

Bila perbedaan usia anak adalah 3 tahun atau lebih akan mengurangi  persaingan yang terjadi. Kakak dengan bedan 3 tahun atau lebih akan lebih menunjukkan perasaan sayang kepada adiknya. Kakak juga dapat menjadi mentor dan teladan untuk adiknya dan tidak merasa cemburu bila adik mereka dekat dengan ibunya.

Ada beberapa tantangan yang akan dihadapi oleh orangtua, misalnya pada saat sang kakak bermain dan menyusun Lego, disaat yang sama juga adiknya berusaha untuk memakannya. Perbedaan perkembangan anak akan membuat orangtua semakin kreatif dalam pola asuh.

Perbedaan usia tidak menjadi tolak ukur pola pengasuhan yang akan dipakai oleh orangtua. Tetapi dengan adanya anak yang baru, otomatis akan ada sesuatu yang baru lagi dan jadikan hal ini sebagai hal baru yang menyenangkan.                                     

Sumber : parenting.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami