Memberikan Penghargaan, Dubes Jepang Berpantun

Nasional / 1 March 2009

Kalangan Sendiri

Memberikan Penghargaan, Dubes Jepang Berpantun

Budhi Marpaung Official Writer
3805

Jangan mengira bahwa pantun yang akan dengar adalah pantun dengan bahasa Jepang atau karya-karya sastra dari sastrawan dari Jepang. Justru pantun yang dibacakan tersebut adalah pantun dalam bahasa Indonesia dan yang membacakannya adalah Duta Besar Jepang untuk Indonesia saat ini, Kojiro Shiojiri.

Kejadian ini terekam pada acara syukuran yang diadakan di kediaman Duta Besar Jepang untuk Indonesia yang dihadiri oleh sejumlah tamu Indonesia di Jakarta. Inti dari pantun yang dibacakan oleh Kojiro adalah pernyataan terima kasih yang mendalam terhadap CSIS, salah satu lembaga penelitian di Indonesia.

Walaupun Kojiro terpeleset dalam beberapa kata pada saat membacakan pantun tersebut, tetapi para tamu yang hadir memberikan apresiasi yang luar biasa dengan cara memberikan tepuk tangan yang keras ketika pantun selesai dibacakan.

Selain acara syukuran, malam itu juga Dubes Kojiro memberikan penghargaan dari Menteri Luar Negeri Jepang kepada CSIS atas kontribusi dalam meningkatkan hubungan antara Jepang dan Indonesia. Penyerahan penghargaan ini diberikan oleh Dubes Jepang untuk Indonesia kepada Direktur Eksekutif CSIS, Rizal Sukma.

Pemberian penghargaan juga diberikan kepada lima individu dan 15 organisasi yang berjasa dalam mengembangkan hubungan antara Jepang dan Indonesia dan juga studi Jepang. Beberapa orang dan organisasi yang mendapat penghargaan dari Menlu Jepang antara lain Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Jepang, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada.

Acara penyerahan penghargaan diakhiri dengan jamuan makan malam oleh Kojiro bagi para tamunya.

Sumber : Antara/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami