Hal Yang Harus Dilakukan Orangtua

Parenting / 28 February 2009

Kalangan Sendiri

Hal Yang Harus Dilakukan Orangtua

agnes.faith Official Writer
2951

Dengarkan Anak Anda

Terkadang orangtua langsungmereaksi ketika anak mulai berbicara tanpa mendengarkan terlebih dahulu. Tidak jarang pula pada akhirnya orangtua akan memberikan jawaban tidak pada setiap permintaan. Atau terkadang juga orangtua memotong pernyataan dari anak.  Bila anak Anda ingin memberitahu sesuatu, maka dengarkan dulu. Bila ada yang salah dengan pengucapannya, maka koreksi setelah itu. Bila Anda langsung menginterupsi, ada kemungkinan anak akan lupa apa yang akan dikatakannya.

Lakukan hal yang biasa dilakukan

Hal seperti ini akan mempererat hubungan antar anggota keluarga. Hal-hal kecil seperti mendongeng sebelum tidur, mencium anak sebelum tidur, ucapkan selamat pagi, siang atau malam pada saatnya. Atau lakukan kegiatan diluar seperti olahraga, berjalan ke taman, dan yang lainnya. Pergunakan waktu yang ada dengan sebaik mungkin.

Tunjukkan kasih pada pasangan di depan anak

Mungkin anak Anda akan malu bila melihat Anda memeluk atau mencium pasangan Anda. Tetapi hal ini menunjukkan bahwa Anda memiliki hubungan yang baik dan hangat bersama pasangan Anda. Lakukan hal positif di depan anak Anda, mungkin seperti membuatkan kopi untuk suami saat ia pulang dari kantor, ajak semua anggota keluarga kemanapun, bawakan makanan kecil atau berikan kejutan pada saat hari besar. Anak akan merasa berada dalam lingkungan yang penuh cinta.

Sentuh dan peluk anak Anda

Biasakan memberikan perhatian dengan menyentuh mereka, seperti mencium dan memeluk. Dan ajarkan mereka bahwa itu adalah bahasa kasih, tidak perlu malu dengan hal itu. Pada saat ingin tidur, belai rambut anak Anda. Bercanda tawa dengan anak Anda di tempat tidur atau disofa pada saat santai juga perlu Anda lakukan.

Membaca bersama

Dengan cara ini anak akan terbiasa belajar membaca dan akhirnya akanmencontoh dan dapat membaca. Ganti cerita setiap hari sehingga tercipta juga kreatifitas anak Anda dalam bercerita. Ganti format dengan cara awali dengan Anda yang membaca lalu anak Anda, atau percayakan anak Anda membaca pada saat Anda jalan-jalan ke pusat perbelanjaan. Sertai juga dengan gambar sehingga anak mudah mengenali. Cari tahu cerita kesukaan anak Anda dan biarkan mereka berkreasi dengan cerita itu.

Sumber : todaysparent/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami