Macan Asia Tenggara Terancam Hancur

Nasional / 28 February 2009

Kalangan Sendiri

Macan Asia Tenggara Terancam Hancur

Budhi Marpaung Official Writer
5747

Krisis global hari-hari ini semakin dirasakan oleh tiap negara di seluruh dunia, tanpa terkecuali Singapura. Singapura yang dikenal sebagai macan Asia Tenggara karena memiliki tingkat perekonomian negara yang termasuk makmur dan juga memiliki kontribusi besar di kawasan Asia Tenggara secara khususnya, Asia pada umumnya mengalami resesi ekonomi.

Resesi ekonomi ini disebabkan semakin menurunnya tingkat ekspor di kawasan Asia.  Berdasarkan laporan Menteri Perdagangan Singapura, Kamis (26/2), diketahui bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) di Negara tersebut mengalami penurunan 16,4 persen pada kuartal lalu dari kuartal tiga 2008.

Akibat dari semakin menyusunnya tingkat ekspor dan produksi di sektor Industri tersebut juga berakibat kepada semakin melemahnya dollar Singapura. Menurut prediksi Thio Chin Loo, Senior Currency Strategist BNP Paribas SA di Singapura, dollar Singapura akan terus melemah sampai ke level 1,60 per dollar AS di akhir Juni nanti. Sebagai informasi, mata uang Singapura pada hari Kamis (26/2) pukul 09.47 waktu Singapura berada di level 1,5322 terhadap dollar AS.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami