Moment for Sex

Marriage / 26 February 2009

Kalangan Sendiri

Moment for Sex

prisca Official Writer
37793

Gairah seksual suami isteri memang bisa muncul sewaktu-waktu, dan saya cenderung mengatakan, silahkan ikuti irama alam tersebut, sebab munculnya gairah biasanya seiring dengan optimalnya respon seksual seseorang. Artinya saat gairah meningkat, saat itulah tubuh dalam kondisi faali yang tepat untuk suatu siklus respons seksual. Namun demikian saya tidak mengatakan bahwa hubungan seks itu bisa kapan saja, dimana saja, apalagi dengan siapa saja. Seks dalam kehidupan manusia tunduk pada norma, etika, dan hukum Tuhan. Di samping itu, seks tidak boleh menjadi gangguan pada salah satu, atau kedua orang yang menjalin relasi seksual tersebut. Surat dari Mariana R, 26Th, Yogyakarta berikut adalah sebuah bentuk kepedulian seseorang pada kehidupan seksualnya. Mariana menulis:

Dok, saya mau bertanya apakah jika berhubungan dengan suami saat haid, sehat? Kami melakukan hubungan suami isteri tersebut saat saya lagi haid hari terakhir, biasanya 5 hari lamanya saya haid. Apakah hubungan saat lagi haid bisa menyebabkan kehamilan? Terima kasih atas masukan yang akan dokter berikan. Salam.

Mariana, kehidupan seksual yang sehat memang cenderung spontan dan tidak terduga, namun kita tetap harus mengkontrolnya menjadi suatu aktifitas yang tetap sehat. Yang harus dipahami ketika seorang mengalami menstruasi, ada bagian rahim yang sedang terluka (mengelupas). Keadaan ini tentu menyebabkan mudahnya mikroorganisme menyerang, sehingga resiko infeksi begitu tinggi. Dengan pemahaman seperti ini, maka disarankan selama masa menstruasi seorang wanita berpantang seksual.

Kehamilan pada dasarnya akan terjadi bila ada pertemuan sperma dan sel telur. Setiap hubungan seksual, seorang pria akan mengeluarkan cairan ejakulat sebanyak rata-rata 4 cc, dimana setiap cc bisa mengandung 100 juta sel sperma. Dari jumlah yang amat besar ini, hanya ada sekitar 100 sel sperma yang bisa mencapai tuba falopian. Bila pada saat itu ada sel telur, maka ada peluang terjadi kehamilan. Namun kita tidak tahu kapan ada sel telur di tempat tersebut, kecuali dengan pemeriksaan laboratorium dan atau USG. Dengan pemahaman ini kita tidak bisa menentukan masa subur untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan dan menghindari kehamilan. Melakukan hubungan seksual di saat menstruasi bukan cara yang efektif untuk menghindari kehamilan, bahkan saya pernah menangani kasus seorang wanita hamil setelah operasi steril, sebab ternyata tuba falopian yang dipotong, begitu ajaibnya menyambung kembali. Bila Tuhan berkehendak, tidak ada yang bisa menggagalkannya.

Masa menstruasi Mariana lima hari. Bila siklus Mariana normal 28 hari, maka  Mariana punya waktu 23 hari yang bisa dinikmati. Ada waktu untuk menikmati keintiman dengan suami, ada waktu untuk membangun keintiman dengan Tuhan. Ingat  Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak. (I Korintus 7:5). Be WiSe, Always remember Wisdom for Sex Life. (draw)

 

Dr. Andik Wijaya, MRepMed adalah seorang dokter spesialis dan juga seorang hamba Tuhan yang memiliki karunia pengajaran. Dengan visi dan misi yang diyakininya menjadi panggilan hidupnya, beliau kemudian mendirikan YADA Institute, The School of Everlasting Intimacy. Melalui institusi ini Andik mengimani bahwa Tuhan memanggil, memperlengkapi, mengutus dan mengurapinya untuk mengajarkan Everlasting Intimacy (keintiman abadi) melalui penyingkapan misteri seksual. Karena itu dua tema utama dalam setiap pelayanan YADA Institute adalah Menyingkap Misteri Seksual, Membangun Keintiman Abadi. Saat ini beliau banyak memberikan seminar pengajaran di berbagai kota di Indonesia.

Halaman :
1

Ikuti Kami