Fenomena Ponari, Gambaran Masyarakat Mistis

Nasional / 23 February 2009

Kalangan Sendiri

Fenomena Ponari, Gambaran Masyarakat Mistis

Puji Astuti Official Writer
4484

Fenomena kemunculan dukun cilik Ponari mulai menyebar ke daerah-daerah lain. Sekalipun tidak seheboh pemberitaan Ponari, Mohammad Vista Alkusma yang berasal dari Desa Medokan, Tuban, Jawa Timur, juga mengaku bisa menyembuhkan orang sakit sejak dia menemukan kuburan-kuburan kecil di dekat rumahnya.

Selain Vista, seorang anak asal Kampung Baru Kamal, Bangkalan, Madura bernama Irvan Maulana mengaku memiliki batu petir persis sama seperti yang dimiliki Ponari. Dan Irvan yang lebih sering dipanggil Rido`i sudah mulai melakukan praktek penyembuhan juga, demikian menurut Laporan 6, SCTV.

Menurut Ketua Umum Front Persatuan Nasional (FPN) KH Agus Miftach pada Antara, "Fenomena Ponari yang berasal Dusun Kedungsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Jombang, Jatim, memiliki akar yang kuat dalam sejarah spiritualisme dan antropologi bangsa Indonesia karena selama lebih 1300 tahun bangsa Nusantara menganut Shiwa-Buddha dengan tradisi mitologi yang sudah merasuk dalam konstitusi jiwa."

Dengan melihat respon dari masyarakat, dapat terlihat bahwa saat ini sedang terjadi sebuah kebangkitan mistisme yang besar. Dipicu oleh kesulitan yang semakin menghimpit, tidak kuatnya pijakan dan pengenalan akan Tuhan, dan keinginan mencari sebuah jalan keluar yang instant atas permasalahannya, maka tidak ayal lagi mistis menjadi sebuah solusi yang laris manis dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Sumber : Berbagai sumber/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami