Australia Masih Belum Percaya Indonesia

Nasional / 22 February 2009

Kalangan Sendiri

Australia Masih Belum Percaya Indonesia

Budhi Marpaung Official Writer
3467

Pemerintah Australia masih belum yakin terhadap kondisi di Indonesia. Setidaknya itulah yang tergambar pada saat pertemuan Menteri Luar Negeri Indonesia, Hassan Wirajuda  dengan Menteri Luar Negeri Australia, Stephen Smith menjelang Konferensi Australia-Indonesia di Sydney hari kamis lalu (13/02).

Ketidakpercayaan Pemerintah Australia terhadap Indonesia dikarenakan masih diberlakukannya travel advisory (anjuran perjalanan, red) kepada warga negara Australia. Anjuran perjalanan yang masih diberlakukan menandakan bahwa Indonesia masih belum aman dikunjungi oleh warga negara Australia.

Menteri Luar Negeri Australia, Stephen Smith mengatakan bahwa travel advisory tidak hanya diberlakukan oleh Australia, tetapi juga oleh beberapa negara seperti AS dan Kanada. Anjuran ini dibuat oleh suatu pemerintah untuk melindungi warga negaranya ketika hendak bepergian ke luar negeri.   

Menanggapi hal tersebut, Menteri Luar Negeri RI, Hassan Wirajuda mengatakan bahwa itu merupakan wewenang Pemerintah Australia. "Indonesia telah membuktikan setidaknya dalam 2 tahun terakhir bahwa wilayah kami aman dari ancaman serangan bom teroris," kata Hassan Wirajuda menanggapi pertanyaan wartawan yang menanyakan apakah pemerintah Indonesia puas dengan keputusan Pemerintah Australia tersebut.

Menurut data, pada tahun 2008 kedatangan Wisatawan asing asal Australia ke Bali naik 52,68 persen dibandingkan tahun lalu dan mencapai 313.313 pengunjung. Peningkatan ini pun terus terjadi pada awal tahun. Memang kebijakan Pemerintah Australia ini tidak berpengaruh kepada kedatangan wisatawan asal Australia ke Indonesia, tapi ini akan menjadi preseden buruk bagi warga asing negara-negara lain yang hendak bepergian ke Indonesia.

Semoga travel warning ini segera dapat dicabut oleh Pemerintah Australia dan negara lain yang masih memberlakukan kebijakan tersebut sehingga banyak wisatawan asing datang ke Indonesia dan kebudayaan asli Indonesia semakin dikenal luas oleh negara-negara luar.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami