William G. McGowan: Pengukir Revolusi Telekomunikasi

Entrepreneurship / 19 February 2009

Kalangan Sendiri

William G. McGowan: Pengukir Revolusi Telekomunikasi

Tammy Official Writer
3491
Ketika William G. McGowan ditetapkan untuk mengambil alih AT&T, orang-orang berpikir bahwa dia gila. Sekali dan lagi ia diberitahukan bahwa AT&T terlalu besar dan kuat. Tetapi melalui kombinasi tekad yang mantap, kerja keras, dan dosis sehat dari chutzpah, McGowan menghancurkan monopoli AT&T, membuka pintu bagi kompetisi bebas dalam pasar jarak jauh, dan mengubah perusahaan yang sedang berjuang menuju karir jarak jauh terbesar kedua di dunia.

McGowan sudah menjadi multi milyuner ketika ia memutuskan untuk pergi berhadapan dengan AT&T. Ia telah menghabiskan 10 tahun di Wall Stret sebagai konsultan finansial independen yang mengkhususkan dalam reorganisasi dan memutar balik perusahaan-perusahaan yang sedang jatuh. Sukses terbesarnya yang patut dicatat adalah Powertron Co., dimana ia mengambil alih $25.000 pada 1959 dan dijual seharga $3 juta pada 1962.

Pada tahun 1968, seorang teman memperkenalkan ia kepada John D. Goeken, seorang pengusaha Illinois yang menjual radio tanpa kabel. Goeken menginginkan untuk memperluas layanannya dengan membangun sebuah sistem microwave antara Chicago dan St. Louis. Tetapi Federal Communications Commission (FCC) telah mengadakan persetujuan proyek selama lima tahun karena oposisi yang kuat dari AT&T, dan Goeken secara praktis bangkrut.

William McGowanMcGowan menyadari jika FCC mengakui apliksi Goeken, perusahaan ia akhirnya akan berkompetisi dengan pelayanan telepon jarak jauh di sepanjang negeri - sesuatu yang tak seorang pun pernah coba sebelumnya. Kemudian McGowan mengatakan kepada majalah Money, "Kenyataan bahwa itu tidak pernah dilakukan sebelumnhya membuat semua ide tersebut lebih tak tertahankan.: McGowan membeli setengah bunga dari perusahaan Goeken, Microwave Communications Inc., untuk $50.000 dan mengubah nama menjadi MCI Communications Corp.

Satu tahun kemudian, FCC menyetujui petisi MCI untuk menyediakan pelayanan telepon "jalur pribadi"sepanjang rute Chicago - St. Louis. Hanya ada satu masalah: Untuk mengimplementasikan pelayanan jarak jauhnya, jaringan-jaringan MCI memerlukan untuk koneksi dengan jaringan-jaringan telepon local, yang disubsidi oleh AT&T. Ketika AT&T menolak untuk mengijinkan koneksi sambungan manapun kecuali pada harga yang terlalu tinggi, MCI mengarsipkan gugatan terhadap perusahaan tersebut pada 1974, menuntut biaya atas tindakan melawan hokum industri dengan melarang akses jaringan telepon lokalnya.

Tetapi akan memakan waktu enam tahun atas tuntutan tersebut masuk ke pengadilan. Selama masa tersebut, McGowan menolong mengembangkan dan mendapat persetujuan oleh FFC untuk tipe pelayanan baru yang disebut MCI Execunet. Sistem cerdas ini mengijinkan pelanggan MCI untuk memanggil komputer-komputer, yang kemudian menghubungkan penelepon ke nomor telepon manapun, yang artinya dengan lengkap mempersingkat jalur fasilitas jarak jauh AT&T. Diberi harga dari sebagian kecil dari ongkos pelayanan jarak jauh AT&T, Execunet adalah keberhasilan besar. Inilah yang tidak diketahui oleh AT&T.

Dengan menyetujui Execunet, FCC tanpa diketahui telah diijinkan MCI untuk mengimplementasikan pelayanan-pelayanan jarak jauh umum. AT&T menunjukkan ini kepada FCC, yang memerintahkan MCI untuk menyingkirkan pelayanan tersebut. MCI memohon, dan pengadilan federal memutuskan bahwa MCI atau operator lain memiliki hak untuk menawarkan layanan jarak jauh.

William McGowanSetelah lebih dari 10 tahun berjuang, akhirnya McGowan telah mematahkan pengaruh AT&T atas pelayanan jarak jauh. Tetapi itu adalah kemenangan yang menghabiskan terlalu banyak tenaga. Terjadi perubahan besar bagi MCI. Perubahan itu adalah bencana. Perusahaan tersebut selalu menjadi pemain tepat di pasarnya, menaruh harga sendiri sebagai penyedia layanan yang paling murah. Itu sangatlah jelas kurangnya persiapan dengan AT&T atas kualitas pelayanan. MCI kehilangan jutaan. Permasalahan-permasalahan tersebut mengambil korban yaitu McGowan, yang harus transplantasi hati, McGowan harus menjadi penonton dari pinggir selama sembilan bulan, tetapi ketika ia kembali, ia siap untuk beraksi.

Dipacu oleh McGowan, manajemen MCI menaikkan kualitas dan pelayanan, dan mendorong leboih bagi pelanggan-pelanggan perusahaan. MCI juga mendigitalkan jaringan teleponnya, mengijinkan transmisi yang lebih cepat baik bagi suara dan data. Perusahaan dengan cepat meraih reputasi untuk pelayanan yang sempurna dan lalu membesarkan Pentagon, Westinghouse, Chrysler, dan IBM di antara pelanggan-pelanggan korporatnya. MCI kembali meraih keuntungannya pada 1987, dan di akhir 1991 telah mendapatkan posisinya sebagai penyedia operator jarak jauh terbesar kedua di AS. Mimpinya terpenuhi, McGowan kembali melangkah sebagai CEO. Ia meninggal karena serangan jantung keduanya setahun kemudian.

Selama 24 tahun masa jabatannya sebagai kepala MCI, William McGowan menumbuhkan MCI dari pelayanan radio tanpa kabel yang nyaris tak berfungsi hingga raksasa telekomunikasi seharga $9.5 milyar. Sekarang, perusahaan yang ia dirikan, yang disebut MCI WorldCOm, adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia. Tetapi warisan yang sebenarnya dari dirinya lebih dari individual lainnya, McGowan membawa hantaman bagi AT&T dan menimbulkan revolusi telekomunikasi.

Sumber : entrepreneur.com
Halaman :
1

Ikuti Kami