Playgroup Atau Tidak

Parenting / 18 February 2009

Kalangan Sendiri

Playgroup Atau Tidak

agnes.faith Official Writer
3381

Saat anak mulai menginjak usia 2 tahun, biasanya orang tua akan sibuk berdebat mengenai perlu tidaknya memasukkan buah hati ke playgroup (Pendidikan Usia Dini). Diskusi mendalam pun terjadi, berbagai pertimbangan mencuat.

Pertimbangannya bermacam-macam, misalnya usia anak yang menurut Anda masih terlalu dini untuk mulai berkenalan dengan sebuah institusi pendidikan, atau juga pertimbangan lainnya seperti keuangan, jarak playgroup yang jauh, serta psikologi buah hati Anda sendiri.

Demi menjadi penengah perdebatan antara Anda dan pasangan, banyak pula kelebihan yang mampu diberikan playgroup. misalnya saja kesibukan kedua orang tua untuk bekerja dan pasti anak tidak mendapatkan bimbingan pendidikan dengan waktu yang berkualitas. Alasan lain adalah minimnya teman bermain anak di lingkungan rumah atau tidak memiliki pengasuh yang tepat untuk anak.

Saat ini terdapat beragam playgroup yang dapat bunda pilih untuk buah hati tercinta, dari yang menggunakan metode internasional dan tentunya sistem standarisasi luar negeri, atau yang asli buatan dalam negeri yang menggabungkan sistem lokal dengan sistem internasional, sampai yang gratis dan dikelola oleh pejabat di lingkungan perumahan.

Banyaknya pilihan yang tersedia terkadang memang makin membuat bingung orangtua, untuk membantu Anda dalam memilih playgroup yang tepat guna memberikan bekal yang optimal bagi perkembangan anak, perlu Anda ketahui beberapa hal yang tentu dapat memberikan nilai tambah serta keuntungan bagi Anda.

Sebagai langkah awal, sepatutnya playgroup lebih dititik beratkan pada kegiatan bermain yang bertujuan untuk merangsang tumbuh kembang anak dan bukan pada kemampuan akademik, seperti belajar membagi, bekerja sama dengan teman, mampu memahami perasaan orang lain serta mampu mengendalikan emosi.

Cari tahu tentang para tenaga pengajar yang dimiliki oleh playgroup tersebut. Hal tersebut guna meyakinkan diri telah menitipkan anak bersama orang yang tepat, yaitu guru yang dapat benar-benar mengerti pertumbuhan anak, dapat berinteraksi dengan baik, ramah, mampu memberikan rangsangan kepada anak, serta dapat memberikan pendidikan emosi dan sosialisasi dengan baik.

Dapatkan informasi dari berbagai sumber, bisa dari teman juga kerabat atau dari media lain guna memastikan apakah playgroup tersebut memenuhi standar kriteria playgroup yang baik.

Oleh karena itu, pilihlah playgroup yang benar-benar mengerti akan hal ini. Fasilitas bermain yang lengkap juga akan mendukung daya kreatifitas anak agar lebih tingi.

Sebagai tambahan, perhatikan waktu tempuh playgroup dengan rumah Anda, jarak tempuh yang terlalu jauh terkadang bisa menyurutkan semangat belajar anak karena ia merasa lelah saat sampai di sekolah dan moodnya dapat berubah jenuh seiring perjalanan.

Patut menjadi catatan kaki, bahwa playgroup yang mahal bukanlah satu-satunya jaminan untuk menjadikan anak menjadi bibit yang unggul.

Sumber : perempuan
Halaman :
1

Ikuti Kami