Kindle 2, Sebuah Evolusi Membaca Buku

Entertainment / 18 February 2009

Kalangan Sendiri

Kindle 2, Sebuah Evolusi Membaca Buku

Puji Astuti Official Writer
3715

Sebagai perintis toko buku online, maka tidak heran jika Amazon.com meluncurkan ebook readernya sendiri. Ebook reader besutan Amazon ini dinamakan Kindle. Versi pertamanya diluncurkan pada November 2007 lalu.

Sepertinya Amazon ingin menunjukkan bahwa mereka terus melakukan inovasi dengan meluncurkan Kindle 2. Namun sayangnya, jauh dari kata revolusi, Kindle 2 ini hanya bisa digambarkan dengan kata evolusi dari versi awalnya.

Jika televisi berubah dari layar bergambar hitam putih dan menjadi layar berwarna, Kindle tetap mempertahankan layar hitam putihnya. Mungkin hal ini untuk menjaga perasaan para pemilik Kindle versi awal, supaya mereka tidak terlalu kecewa dan menganggap bahwa versi kedua tidak terlalu jauh berbeda dengan yang mereka miliki.

Lalu apa kelebihan dari Kindle 2 ini? Pastinya lebih tipis, karena hanya setebal 0.36 inchi, dan beratnya hanya 10.2 Ounce. Selain itu, baterai Kindle 2 ini di klaim lebih hemat 25 persen.

Dilihat dari segi performance, Kindle 2 ini 20 persen lebih cepat dari versi sebelumnya karena mengalami peng-upgrade-an processor.

Yang terlihat tidak terlalu berubah adalah panjang dan lebarnya. Beberapa orang memberi komentar bahwa seharusnya Kindle lebih pendek dan tak perlu ada keyboardnya, seperti Sony Reader. Namun, Anda suka atau tidak, Kindle 2 ini tetap memiliki keyboard, dengan resolusi layar 600X800 pixel pada 167 ppi.

Amazon membenamkan onboard memory sebesar 2 GB dari sebelumnya 256 MB, dengan kapasitas sebesar ini Anda bisa menyimpan sebanyak 1500 ebook.

Pada peluncuran Kindle 2 ini, Jeff Bezos menggaris bawahin dua feature baru dalam alat tersebut. Pertama adalah Whispersync, feature ini untuk menghubungkan dua atau lebih Kindle untuk synchronized dan saling bertukar buku.

Yang kedua adalah feature "Read-to-me", melalui feature ini, Kindle akan membacakan Anda buku saat Anda sedang menyetir atau melakukan aktifitas lainnya. Saat feature ini di demonstrasikan, suaranya terdengar cukup bagus namun pelafalannya masih terdengar seperti robot.

Kindle 2 ini dijual dengan harga $359 dan akan mulai di jual pada 24 Februari nanti. Buat Anda yang ingin memilikinya, silahkan buat wish list di Amazon.com.

Sumber : Cnet/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami