Dua Kapal Selam Nuklir Tabrakan

Nasional / 17 February 2009

Kalangan Sendiri

Dua Kapal Selam Nuklir Tabrakan

Puji Astuti Official Writer
4077

Sebuah kapal selam Inggris dan Prancis, keduanya bertenaga nuklir dan mengusung senjata nuklir, bertabrakan di Samudera Atlantik pada awal bulan ini, koran Sun Inggris melaporkan Senin (16/2).

Kapal selam milik Inggris HMS Vanguard maupun Le Triomphant  milik Prancis mengalami kerusakan, tulis tabloid itu, seperti dikutip AFP.

Kapal selam Inggris itu kini telah ditarik ke Faslane, Skotlandia,  untuk menjalani perbaikan.

Kedua kapal, masing-masing membawa ratusan pelaut, kabarnya melaju di bawah air dan dalam misi terpisah saat keduanya bertabrakan pada 3 atau 4 Februari lalu.

Kementerian Pertahanan Inggris menolak menanggapi tentang operasi kapal selam itu. Namun juru bicara Dephan mengatakan, pihaknya hanya bisa mengonfirmasi bahwa HMS Vangaurd merupakan satu dari empat kapal selam yang dioperasikan militer Inggris dan bagian dari sistem Trident dan patroli pencegahan.

Kapal selam tersebut memiliki panjang150 meter dan lebarnya 13 meter serta mampu membawa sampai 48 hulu ledak nuklir dalam 16 misil.

Ini merupakan sebuah kecelakaan yang paling berbahaya dalam sejarah. Sungguh disayangkan sebuah peralatan perang canggih yang membawa senjata berbahaya seperti ini bisa mengalami kecelakaan.

Sumber : Berbagai Sumber/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami