CSR: Investasi Menguntungkan Semua Pihak

Investment / 16 February 2009

Kalangan Sendiri

CSR: Investasi Menguntungkan Semua Pihak

Budhi Marpaung Official Writer
5376

Mungkin bagi sekolompok orang/perusahaan sudah tidak asing dengan istilah CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggung jawab perusahaan, akan tetapi mungkin bagi sekolompok orang/perusahaan masih ada yang belum tahu juga dengan kegiatan ini. Apa itu CSR? Apa untungnya melakukan CSR?

CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan adalah adalah operasi bisnis yang berkomitmen tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan perusahaan secara finansial, tetapi untuk pembangunan sosial-ekonomi kawasan secara holistik, melembaga, dan berkelanjutan. Beberapa nama lain yang memiliki kemiripan dan bahkan sering diidentikkan dengan CSR adalah corporate giving, corporate philanthropy, corporate community relations, dan community development.

CSR sendiri di Indonesia tidaklah barang baru, akan tetapi juga bukanlah barang yang sudah lama. CSR sendiri baru didengungkan sekitar 6 tahun belakangan ini, baik oleh perusahaan-perusahaan maupun media-media. Salah satu contoh dari CSR yang dilakukan oleh perusahaan adalah PT.Telkom,Tbk. PT.Telkom,Tbk yang merupakan salah satu perusahaan BUMN ternama di Indonesia melakukan kegiatan CSR dengan cara memberikan pendidikan pengenalan internet di sekolah-sekolah (Telkom Goes To School). Target dari program ini adalah anak-anak sekolah dari tingkat smp-sma yang sudah di survey oleh pihak Telkom.

CSR tidak hanya dapat diterapkan di perusahaan-perusaaan multi nasional, atau perusahaan-perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan yang memiliki omzet tidak terlalu besar juga dapat melakukannya. Inti dari CSR bukanlah kepada besar kecilnya dana yang dikeluarkan, melainkan komitmen yang diberikan perusahaan kepada masalah-masalah yang terjadi di masyarakat sekitarnya. 

Bicara mengenai keuntungan, tentu saja CSR menguntungkan, tetapi keuntungan yang diterima mungkin dalam jangka waktu panjang. Karena CSR bukanlah program sekali dan selesai, akan tetapi berkelanjutan. Memang, ini akan memakan banyak waktu, akan tetapi melihat keuntungan yang di dapat nantinya kepada perusahaan, kegiatan CSR harus dilakukan. Oleh karena itu, perlu dibangun hubungan antar perusahaan dengan masyarakat sehingga hal-hal ini dapat ditanggulangi.

Investasi dalam bentuk kegiatan CSR, tidak hanya memberikan keuntungan dalam bentuk materi, citra perusahaan, akan tetapi Anda dapat memberikan kontribusi positif kepada lingkungan sekitar kita. Bukankah, sebagai wakil kerajaan Allah di bumi, tugas orang-orang yang mengaku Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat manusia memancarkan kasih itu kepada lingkungan sekitar??. Sudah saatnya, Umat Kristiani mengambil bagian dalam kegiatan CSR ini, karena tidak hanya bukan masyarakat yang Anda bantu saja yang mendapatkan keuntungan, akan tetapi Anda pun mendapatkan keuntungan juga. CSR, memang menguntungkan bukan???

Sumber : berbagai sumber/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami