Peninggalan Gandhi Menarik Perhatian Dunia

Nasional / 15 February 2009

Kalangan Sendiri

Peninggalan Gandhi Menarik Perhatian Dunia

Budhi Marpaung Official Writer
4553

Sebuah balai pelelangan Amerika Serikat, Antiquorum Auctioneers akan mengadakan acara lelang barang-barang peninggalan tokoh India, Mahatma Gandhi bulan depan. Barang-barang yang dilelang berupa kacamata, sepasang sandal, dan dompet yang dikenakan Gandhi semasa hidupnya.

Kacamata Gandhi yang dilelang tersebut berbentuk bulat dan terlihat unik. Kacamata ini juga yang disebut Gandhi sebagai alat yang memberinya visi bagi kebebasan India. Kacamata ini pulalah yang diberikan oleh Mahatma Gandhi kepada perwira Angkatan Darat India, Kolonel HA Shiri Diwan Nawabin, pada 1930-an.

"Gandhi memberinya kacamata dan mengatakan, 'Ini memberi saya visi kebebasan India'," kata Michelle Halpern dari Antiquorum Auctioneers di New York.

Pihak pelelang menaksir benda-benda antik itu akan terjual seharga minimal 42.000 dollar AS (sekitar Rp 474 juta). Menurut panitia pelelangan, acara yang akan diadakan tanggal 4-5 Maret nanti akan mendapat perhatian luas dari seluruh dunia karena karisma yang dimiliki Gandhi sampai saat ini.

Gandhi, Sang visioner asal India sungguh menarik perhatian dunia.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami