Bila Harus Dinas Luar Kota

Parenting / 13 February 2009

Kalangan Sendiri

Bila Harus Dinas Luar Kota

agnes.faith Official Writer
2589

Sebelum melakukan perjalanan dinas luar kota, ibu perlu memperhitungkan tugas-tugas di kantor dan di rumah yang sementara waktu akan ditinggalkan.

Pekerjaan di kantor menghendaki Anda melakukan dinas luar kota . Dalam situasi ini, Anda perlu memperhitungkan berapa lama perjalanan dinas itu sehingga dapat mendelegasikan tugas-tugas Anda di kantor dan di rumah dengan baik.

Tugas ini memang penting

Bila tugas menuntut Anda melakukan pertemuan tatap muka dengan klien, Anda perlu mempersiapkan dan merencanakan secara matang perjalanan dinas luar kota Anda.

Di kantor, Anda dapat mendiskusikan pendelegasian sementara tugas Anda pada atasan dan juga rekan kerja Anda. Dengan begitu, tugas Anda di kantor tidak mandeg ketika Anda tidak di tempat.

Begitu pula dengan urusan rumah tangga. Sebelum berangkat, Anda dapat menyiapkan rencana menu masakan, daftar belanja, atau pun keperluan si kecil dan suami. Delegasikan tugas ini pada pembantu atau pun orang dewasa lain di rumah.

Selain itu, Anda perlu memperhitungkan dampak perjalanan dinas luar kota bagi keluarga. Apakah Anda melewatkan pesta ulang tahun si kecil? Atau, Anda terpaksa menunda acara "kencan tiap Jumat malam" bersama suami di kafe favorit Anda berdua? Kalau ya, Anda perlu merencanakan waktu penggantinya.

Bila kebetulan kota yang akan Anda kunjungi tak terlalu jauh dengan kota tempat Anda tinggal, Anda dapat berangkat dini hari ketimbang berangkat sehari sebelumnya.

Misalnya saja, rapat di Surabaya pukul 09.00 pagi. Anda bisa berangkat dengan penerbangan paling pagi dari Jakarta . Dengan begitu di malam hari Anda masih dapat bersama keluarga. Membantu anak-anak mengerjakan PR, misalnya.

Penjelasan pada anak

Menjelang berangkat, Anda dapat menjelaskan dengan bahasa yang dipahami si balita bahwa Anda akan pergi beberapa hari. Bisa jadi anak tak mengerti rincian perjalanan dinas Anda. Yang paling ingin ia ketahui adalah mengapa Anda harus pergi dan kapan kembali. Anda perlu bekerja sama dengan suami untuk memberi penjelasan pada buah hati Anda.

Bagi anak usia dua sampai empat tahun, yang belum mengerti benar konsep waktu, Anda dapat mengajaknya bermain bersama membangun menara balok. Katakan padanya bahwa Anda akan menyelesaikan permainan ini bersamanya bila Anda pulang.

Saat menelepon ke rumah dari kota tempat Anda bertugas, suami atau pun pengasuh dapat mengatakan pada si kecil bahwa Anda besok akan kembali dan menyelesaikan menara balok itu bersama-sama. Dengan cara ini anak mengerti bahwa besok Anda selesai melakukan

Sumber : ayahbunda
Halaman :
1

Ikuti Kami