Maximize Your Talent (6)

Kata Alkitab / 13 February 2009

Kalangan Sendiri

Maximize Your Talent (6)

Lestari99 Official Writer
5217

Kali ini saya masih ingin membagikan tip bagaimana cara mengembangkan talenta.

1. Bangun impian kita berdasarkan talenta kita

Jika kita tidak tahu tempat tujuan kita, bagaimana kita bisa sampai ke sana. Dalam hidup ini saya melihat banyak anak muda yang menjalani hidupnya dengan bersantai-santai hingga mudah putus asa karena tidak lagi memiliki impian akan masa depannya.

Sebagai seorang penulis, saya tentu memiliki impian untuk terus menulis dan menghasilkan buku. Bahkan, pada saat saya menulis buku ini, dalam pikiran ini saya telah memimpikan untuk menulis dua buku lagi. Impian itulah yang memberikan saya energi atau semangat untuk mengarungi hidup yang penuh tantangan ini.

2. Senantiasa memberikan yang terbaik

Seorang sahabat menasehati saya untuk selalu melakukan yang terbaik setiap saat. Ketika saya tanyakan alasannya, ia bekata, "Kalau kamu senantiasa melakukan yang terbaik, kamu tidak akan pernah menyesali hidupmu."

Memang terkadang ketika saya mengerjakan sesuatu, saya merasa pekerjaan saya kurang dihargai. Terkadang saya merasa reward yang saya terima tidak sebanding dengan pengorbanan yang telah saya lakukan. Namun saya mencoba untuk tetap tegar karena saya sepenuhnya sadar Tuhan menghargai apa yang saya lakukan ketika saya mempersembahkan semuanya itu untuk kemuliaan nama Tuhan. Ketika saya melihat ada begitu banyak orang yang diberkati lewat hidup dan karya saya, saya kemudian disadarkan bahwa tindakan untuk senantiasa memberikan yang terbaik adalah sebuah wujud nyata dari tekad untuk memberkati hidup sesama.

3. Kembangkan disiplin harian

Pepatah mengatakan disiplin beratnya berkilo-kilo namun penyesalan beratnya berton-ton. Disiplin artinya kita tetap melakukan sesuatu yang harus kita lakukan, tidak peduli kita menyukainya atau tidak.

Banyak anak muda yang ketika bertemu dengan tokoh-tokoh terkenal merasa kagum akan prestasi tokoh tersebut. Mereka ingin seperti tokoh tersebut, tapi yang mereka inginkan adalah apa yang diraih tokoh tersebut saat ini. Mereka belum tentu mau melakukan hal-hal yang telah dilakukan tokoh-tokoh tersebut di masa lalu.

Misalnya saya pernah mendengar kisah seorang gitaris handal yang sejak berusia remaja telah mendisiplinkan dirinya untuk berlatih bermain gitar setidaknya 3 jam satu hari. Atau seorang pegolf terkenal yang tangannya harus berdarah-darah ketika ia berlatih dengan tekun. Disiplin memang selalu membawa hasil yang baik!

4. Evaluasi berkala perkembangan kita

Jika di dunia pendidikan formal ada rapor yang dikeluarkan setiap semester untuk memperlihatkan perkembangan belajar siswa, maka dalam pengembangan talenta kita juga seharusnya meniru hal yang sama.

Bentuknya tidak selalu rapor namun ada waktu yang kita luangkan secara khusus, baik secara pribadi atau bersama mentor untuk mengevaluasi kemajuan kita. Evaluasi ini untuk mengetahui kekurangan yang masih harus kita perbaiki ke depannya.

5. Andalkan Tuhan senantiasa

Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah (Yeremia 17:7-8).

Saya juga melihat banyak orang yang begitu mengandalkan kekuatan diri sendiri, terutama kekuatan pikiran yang seolah-olah tampak sukses di luar namun mengalami banyak kepincangan dalam aspek kehidupan lainnya. Ada yang hatinya kosong meski bergelimang harta hingga yang keluarga hancur berantakan.

Jadikan Tuhan sebagai sahabat, rekan kerja dan penolong kita. Satu yang saya tahu dan itu pasti: jika Tuhan di pihak Anda, tidak ada seorang pun dapat menghalangi Anda menuju masa depan penuh harapan.

Halaman :
1

Ikuti Kami