Perceraian Buat Wanita Tampak Lebih Tua

Psikologi / 12 February 2009

Kalangan Sendiri

Perceraian Buat Wanita Tampak Lebih Tua

Puji Astuti Official Writer
4378

Sebuah penelitian menemukan bahwa perceraian adalah salah satu faktor yang membuat wajah wanita terlihat lebih tua. Memang benar, bahwa penuaan bisa disebabkan oleh banyak hal.

Pada penelitian ini, mereka melakukan riset terhadap 186 buah pasang foto wajah kembar identik, yang kebanyakan wanita serta mewancarai mereka dengan beberapa pertanyaan tentang kebiasaan hidup mereka dan latar belakang kesehatan mereka. Setelah itu, orang yang mewancarai tersebut, melihat foto mereka dan menebak umurnya.

Wanita yang sudah bercerai dinilai lebih tua dua tahun dari usia sebenarnya, dari pada mereka yang masih menikah, single ataupun janda yang suaminya meninggal. Riset ini dilakukan oleh Bahman Guyuron, pemimpin departemen bedah plastik dari Universitas Hospitals Case Medical Center, yang merupakan bagian dari Universitas Case Western Reserve. Hasil ini sudah dilaporkan  pada jurnal Plastic and Reconstructive Surgery.

Selain percerain, beberapa penyebab tertinggi seseorang lebih cepat terlihat tua adalah akibat sinar matahari yang berlebihan, konsumsi arkohol dan rokok serta ketergantungan pada obat-obatan anti depresi.

Untuk Anda yang ingin terlihat muda, buat pernikahan Anda tetap langgeng dan bahagia, jauhi rokok dan minuman keras serta sering-seringlah tersenyum.

Sumber : Livescience/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami