Cara Tepat Atasi Pertengkaran Hebat

Marriage / 10 February 2009

Kalangan Sendiri

Cara Tepat Atasi Pertengkaran Hebat

Lestari99 Official Writer
4525

Setiap pasangan pasti pernah bertengkar. Bahkan, pasangan yang paling berbahagia pun pernah bertengkar besar dan saling menyakiti hati satu dan lainnya. Kalimat-kalimat tersebut mudah diucapkan, tetapi membuat pusing juga jika kita mengalaminya.

Cari tahu cara mengatasi saat-saat buruk itu agar Anda dapat menikmati waktu yang lebih berbahagia bersama si pasangan Anda. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu menyembuhkan sakit hati Anda dan menghindari pertengkaran berikutnya.

Semua pasangan pasti pernah bertengkar

Mungkin saja Anda sedang lelah, lapar, ataupun tidak sehat. Apa pun alasannya, hal ini terjadi karena kita semua hanyalah manusia biasa dan marah merupakan keadaan yang sangat manusiawi.

Bersikap sabar

Jangan lupa bahwa dengan berjalannya waktu Anda dapat menyembuhkan rasa sakit hati. Diperlukan paling tidak satu atau dua hari untuk sembuh dari sakit hati. Oleh karena itu, Anda harus ekstra hati-hati terhadap pasangan dan jangan bersikap acuh. Gunakan masa penyembuhan untuk mengerti bagaimana masing-masing dari Anda dapat berperilaku lebih baik.

Jangan pergi

Menyendiri di kamar terpisah atau jalan kaki sendirian untuk menenangkan diri boleh-boleh saja. Tetapi jangan meninggalkan rumah sambil membawa koper karena hal ini memberi kesan bahwa Anda tidak ingin memperbaiki hubungan dengan pasangan.

Bertanggung jawab

Bila Anda berdua bertanggung jawab terhadap pertengkaran yang terjadi, Anda dan pasangan harus bekerja sama memperbaiki hubungan yang retak secepat mungkin untuk kembali pada jalur semula.

Jangan sepelekan kekuatan permintaan maaf

Bersikeras bahwa Anda yang benar bukan merupakan jalan keluar yang baik. Mengakui kesalahan merupakan perbuatan terpuji. Orang yang tidak dapat meminta maaf akan sulit mempertahankan hubungan jangka panjang.

Bersikap baik

Menyimpan dendam sesudah pertengkaran hanya akan mempertajam konflik. Sekali Anda memutuskan untuk berhenti bertengkar, Anda harus memperlakukan pasangan dengan perhatian yang lebih.

Yakin dicintai

Ingat janji yang Anda ucapkan pada saat menikah. Dengan mengingat mengapa Anda jatuh cinta pada pasangan, hati Anda akan terbuka.

Lakukan hal yang menyenangkan

Manjakan diri Anda berdua dengan makan malam di tempat yang sedikit istimewa, nonton film, dan bermain bersama anak-anak. Saling bersikap aktif akan merangsang hormon endorfin yang akan membuat Anda merasa lebih baik.

Ciuman dan hubungan intim

Berhubungan intim sesudah bertengkar tentu rasanya kurang menyenangkan. Tapi kadang-kadang justru dapat mendekatkan Anda berdua kembali. Bila Anda berdua sepakat untuk tidak meninggalkan kamar tidur sebelum masalah diselesaikan, berhubungan intim biasanya tidak akan dapat terhindarkan.

Konseling

Bila pertengkaran hebat merupakan hal yang biasa terjadi, Anda harus mengonsultasikan masalah ini pada psikiater, psikolog, atau terapis profesional. Kadang masing-masing pasangan saling melihat pasangannya dari sisi yang negatif. Terapis yang baik akan dapat membantu Anda menghilangkan pandangan yang negatif tadi.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami