Haruskah Percaya Pada Teori Evolusi?

Nasional / 10 February 2009

Kalangan Sendiri

Haruskah Percaya Pada Teori Evolusi?

Puji Astuti Official Writer
6145

Tahun 2009 ini adalah 200 tahun peringatan kelahiran Charles Darwin, sang pencetus teori evolusi. Selain itu juga merupakan tahun perayaan 150 tahun teori evolusi. Dalam momen ini, beberapa tokoh agama dan ilmuwan kenamaan menyerukan diakhirinya perdebatan mengenai teori evolusi ini.

Mereka memperingatkan bahwa teori evolusi ini dapat digunakan oleh kaum atheis militant untuk menyerang agama sehingga banyak orang berpaling dari agama.

Menurut laporan kompas, sebuah surat terbuka di terbitkan oleh Daily Telegraph yang mendorong orang-orang untuk mempercayai teori evolusi.

"Kami dengan hormat mendorong mereka yang menolak evolusi guna mempertimbangkan bukti yang sekarang berlimpah, yang makin diperkuat oleh kemajuan baru-baru ini di bidang genetika, yang menguji keabsahan teori tersebut."

Namun selain itu, mereka juga meminta para pengikut Darwin dapat menahan diri.

"Pada saat yang sama, kami dengan hormat meminta mereka yang saat ini menjadi pengikut Darwin yang tampaknya ingin menggunakan teori Darwin sebagai kendaraan guna mendorong agen anti-theistik agar menahan diri dari tindakan semacam itu sehingga mereka, sekalipun secara tidak sengaja, menjauhkan orang dari teori itu."

Para tokoh ini meminta agar tidak menjadikan toeri evolusi ini menjadi sebuah pemicu kericuhan antara agama dan bidang keilmuan.

"Evolusi, kami percaya, telah terperangkap dalam baku-hantam pergolakan agama, yang justru tak terlalu diperhatikan oleh Darwin sendiri."

Ilmu dan tehnologi merupakan salah satu pewahyuan Tuhan. Namun jika tidak ada takut akan Tuhan dalam diri seseorang, pengetahuan yang dimilikinya bisa membuatnya tersesat. Mempercayai bahwa penciptaan adalah proses evolusi atau karena Tuhan yang menciptakannya, adalah sebuah pilihan. Semoga pewahyuan dari Tuhan membuat banyak orang menemukan kebenaran dan kehidupan.

Sumber : Kompas/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami