Menciptakan Kesegaran Pikiran

Career / 10 February 2009

Kalangan Sendiri

Menciptakan Kesegaran Pikiran

agnes.faith Official Writer
2802

Mencari waktu luang untuk menyegarkan pikiran di tempat kerja memang sangat sulit, bukan karena tidak tersedia, tetapi waktu tidak memberikan izin bagi Anda untuk berpaling dari fokus kerja barang sejenak.

Siasat paling mudah untuk menyegarkan pikiran ialah dengan membuka situs-situs favorit. Sekedar membaca kisah-kisah lucu atau berita santai yang berkutat seputar hobi. Sangat tidak disarankan untuk membaca berita-berita serius agar tak menambah stres. Karena dengan cara ini Anda tidak mesti keluar dari kursi kerja dan memalingkan perhatian. Sehingga Anda tidak kelihatan seperti mengabaikan kerja.

Sesekali pergilah berbicara dengan teman sebelah meja, bicarakan tema umum seperti cuaca, baju, atau sepatu. Bicarakan hal-hal yang akan mengundang senyum di hati. Karena hati yang riang lebih banyak manfaatnya daripada pikiran paling cemerlang sekalipun.

Kalau rekan kerja atau teman lain sibuk, cobalah main ke pantry alias dapur kantor. Biasanya, di pantry inilah banyak sekali keceriaan yang mungkin tidak Anda sadari. Bayangkan OB, tanpa bermaksud membandingkan tingkat kesulitan kerja, yang memang tidak membutuhkan terlalu banyak kerja dengan pikiran dengan Anda yang selalu serius di balik meja menatap monitor. Secara fisik mereka lebih letih, tetapi mereka memiliki kecenderungan untuk lebih banyak bercanda, akibat kurangnya beban pikiran yang mereka emban.

Perjalanan menuju kamar mandi pun bisa menjadi penyegar yang sangat berguna, nikmati setiap pertemuan dengan orang-orang yang Anda lalui, tegur mereka, pun jawaban yang Anda terima pasti akan membuat hati Anda nyaman. Karena tahu bahwa banyak orang yang ternyata mengenal pun menghargai Anda.

Tetapi jangan jadikan perjalanan ini sekedar perjalanan tegus-sapa, jangan lupa untuk menjamin kesegaran dengan, paling tidak, untuk cuci muka agar lebih segar. Beristirahat sejenak, sekalian memuja diri sendiri akan mendorong pikiran yang positif, jadi jangan Anda lupakan itu! 

Kemudian, berjalan-jalan ke lantai lain juga dapat menjadi wisata yang menarik. Meskipun tak ada yang Anda kenal di lantai tersebut, cobalah masuk ke lift dan kunjungi kamar mandi lantai, sekaligus tengok bagaimana tata ruang lobi kantor mereka. Nuansa berbeda akan Anda dapatkan, karena banyak yang mungkin tidak sadar, bahwa kepenatan pikirann diakibatkan oleh tempat yang monoton.

Oleh sebab itu, pada saat istirahat siang, sekali-kali pergilah ke tempat yang tidak biasa Anda kunjungi. Selain memberikan ruang kesegaran, akibat pengalaman yang berbeda, Anda akan mampu mendapatkan inspirasi untuk kerja yang sedang Anda kerjakan.

Sumber : perempuan
Halaman :
1

Ikuti Kami