Merah Artinya Bahaya, Biru itu Kreatif

Psikologi / 9 February 2009

Kalangan Sendiri

Merah Artinya Bahaya, Biru itu Kreatif

Puji Astuti Official Writer
5400

Warna merah seringkali diasosiasikan dengan bahaya, atau buruk. Itu sebabnya di raport anak sekolah bila nilainya jelek akan ditulis dengan tinta merah. Sedangkan warna biru dihubungkan dengan langit, sebuah kebebasan dan tidak adanya batasan. Itu sebabnya ruangan untuk orang-orang melakukan brainstorming di cat dengan warna biru.

Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui reaksi otak terhadap warna, hasilnya adalah warna merah membuat seseorang memperhatikan hal-hal detail sedangkan warana biru memicu kreatifitas.

"Banyak orang tidak sadar tentang efek hal ini," demikian ungkap Juliet Zhu, peneliti dari Universitas British Columbia. Penelitian tentang efek warna terhadap prilaku manusia dilakukan karena saat ini para produsen menggunakan warna untuk menjaring konsumen dalam menjual produk mereka.

Penelitian dilakukan dengan melakukan percobaan pada beberapa siswa. Para murid akan lebih mudah mengingat kata yang berwarna merah. Sedangkan biru membuat mereka lebih kreatif.

Hal ini jika diterapkan dalam iklan sebuah produk, warna merah bisa digunakan pada hal yang ditonjolkkan. Karena warna merah kita asosiasikan dengan bahaya, mungkin itu sebabnya kita berusaha untuk mengingatnya dengan jelas.  

Orang yang melihat warna biru menghubungkan dirinya dengan langit, kebebasan, dan kedamaian.  Mungkin hal ini yang menyebabkan seseorang merasa lebih kreatif.

Lalu bagaimana dengan warna-warna yang lain, apakah juga mempengaruhi reaksi otak kita? Sepertinya para peneliti ini harus melakukan lebih banyak penelitian lagi.

Sumber : The Associated Press/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami