Buat Kegiatan Pagi Anda Teratur

Parenting / 7 February 2009

Kalangan Sendiri

Buat Kegiatan Pagi Anda Teratur

agnes.faith Official Writer
2889

Keluar dari rumah dengan perut terisi, berpakaian rapih, gigi sudah disikat dan memakai tas lalu pergi ke sekolah adalah hal yang sangat menantang Anda di pagi hari. Apalagi bila Anda lakukan tanpa berteriak-teriak. Anda dapat membuat keadaan dimana anak Anda dapat mengambil bagian dari kegiatan pagi hari mereka. Lakukan juga percakapan sehari-hari dengan anak Anda setiap pagi. Kegiatan ini dapat membaut anak menjadi lebih dihargai.

Kegiatan pagi hari yang lancar dan teratur dapat saja Anda lakukan. Mungkin tidak semudah yang Anda bayangkan, tetapi bila Anda menganggap Anda ini adalah suatu tantangan, maka Anda pasti dapat membuat segala sesuatu lebih baik lagi. Dengan tersedianya waktu, usaha dan kesabaran, pasti Anda akan mendapatkan pagi yan gindah bersama anak Anda.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur pagi Anda dengan menyenangkan:

  • Tentukan waktu yang tepat kapan Anda akan keluar dari rumah untuk ke sekolah.
  • Pikirkan tentang semua yang harus anak Anda lakukan dari awal mereka bangun sampai mereka keluar dari pintu. Pikirkan berapa lama waktu yang akan mereka habiskan untuk melakukan semua tugasnya, dan pastikan mereka mendapatkan waktu yang cukup.
  • Buat daftar kegiatan apa saja yang harus mereka lakukan. Untuk anak yang lebih kecil, mungkin dapat dibuat dengan gambar, misalnya: berpakaian, sikat gigi, sarapan, minum vitamin, menyisir rambut, pakai tas untuk ke sekolah.
  • Perhatikan hal apa yang bias Anda dan anak lakukan setelah semuanya beres, mungkin di sisa 5 menit terakhir sebelum anak berangkat ke sekolah. Misalnya: nonton TV, main video game, main dengan peliharaan, mendengarkan musik, dll. Masukkan daftar ini di urutab paling bawah.
  • Tempelkan daftar tersebut di tempat yang mudah di lihat oleh anak Anda. Dan buat juga untuk Anda sebagai monitor.
  • Beritahukan pada anak Anda untuk memberikan tanda pada kegiatan yang sudah ia lakukan. Dan bila mereka dapat melakukannya dengan baik dan masih ada sisa waktu maka mereeka boleh melakukan kegiatan yang ada di daftar paling bawah.
  • Berikan dorongan positif kepada anak, misalnya: "Ayo anak pintar, tinggal 1 tugas lagi dan kamu bisa menonton TV."
  • Bila anak Anda dapat melakukan semua dengan tepat waktu maka Anda harus membiarkan mereka melakukan hal yang menyenangkan, begitupu sebaliknya, mereka tidak dapat melakukan hal lain bila tugas mereka belum selesai.

Kuncinya adalah perencaan dan kesabaran. Bila Anda sudah mencobanya dan merasa tidak berhasil, maka Anda harus memastikan Anda mempunyai waktu untuk semua kegiatan itu, berikan pujian pada Anak bila ia berhasil dan luangkan waktu untuk melakukan hal yang menyenangkan. Dan ingatlah, perubahan membutuhkan waktu.

Sumber : parenting.org/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami