Cara Cepat Kurangi Lemak Tubuh

Fit & Charming / 7 February 2009

Kalangan Sendiri

Cara Cepat Kurangi Lemak Tubuh

Tammy Official Writer
11803
\"CaraSelain banyak bergerak dan rajin berolahraga, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membantu mempercapat pembakaran kalori dan mengikis lemak yang menumpuk dalam tubuh Anda.

Kini memang banyak produk ditawarkan yang mengklaim dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Tetapi pada kenyataannya, menurut para ahli hanya ada satu cara yang paling efektif yaitu dengan banyak beraktivitas atau bergerak. Nah, berikut adalah tujuh tips yang dapat Anda tempuh untuk mempercepat pembakaran kalori dan mengikis lemak dalam tubuh :

Olahraga. Cara yang satu ini adalah paling kuno, tapi populer murah dan efektif. "Semakin sering menghabiskan waktu berolahraga dan semakin semangat melakukannya, kian banyak kalori yang akan dibakar," ungkap Christopher Wharton, PhD, peneliti dan trainer profesional dari Rudd Center for Food Policy and Obesity di Universitas Yale.

Selain itu, menurut pakar obesitas George Bray, MD dari Pennington Biomedical Research Center di Baton Rouge, aktivitas jalan cepat setiap hari adalah jenis latihan yang paling disarankan bagi mereka yang ingin membakar banyak kalori.

Ketika berolahraga, tubuh Anda akan membakar kalori untuk menyediakan tenaga. Namun begitu, olahraga sangat menguntungkan karena meski latihan Anda sudah selesai, tubuh masih akan terus membakar banyak kalori. Walau sulit menentukan berapa lama efek ini akan berlangsung (bervariasi tergantung kompisisi tubuh dan tingkat latihan), Wharton memperkirakan bahwa rata-rata metabolisme tubuh akan meningkat sedikitnya dalam 24 jam.

Latihan kekuatan untuk membentuk otot. Ketika berolahraga, Anda menggerakkan otot. Ini akan membantu membangun massa otot dan jaringan otot akan membakar lebih banyak kalori ketimbang lemak tubuh, bahkan saat Anda sedang istirahat sekalipun. Menurut Wharton, 10 pon otot tubuh dapat membakar 50 kalori dalam sehari saat tubuh diam, sedangkan 10 pon lemak akan membakar 20 kalori.

\"CaraMinum teh hijau dan teh hitam. Teh adalah minuman menyehatkan mengandung kafein yakni stimulan yang dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. Salah satu yang dapat dirasakan dalam sesaat adalah Anda seperti mendapat banyak energi, yang berarti akan lebih banyak bergerak. Kafein juga dapat menimbulkan perubahan metabolisme tubuh yang membuat lebih banyak kalori terbakar.

Beberapa riset pernah mengindikasikan teh hijau atau hitam memilih manfaat yang lebih besar ketimbang kafein yang dikandungnya. Sebuah penelitian mencatat adanya penurunan asupan makanan pada tikus yang diberi polifenol yang ditemukan dalam tes hijau.

Makan sedikit-sedikit, tapi sering. Setiap kali Anda makan atau sekedar mengudap, sistem pencernaan akan bekerja dan mencerna makanan kemudian menyerap nutrisi. Untuk menghidupkan mesin pencernaan dan melakukan proses ini tentu juga dibutuhkan kalori. Oleh sebab itu, masuk akal bila semakin sedikit makan Anda namun sering, makin banyak kalori yang dibakar.

\"CaraJangan tunda sarapan. Banyak bukti penelitian mendukung adanya hubungan sarapan dengan peningkatan berat badan. Orang yang menunda sarapan cenderung lebih banyak mengonsumsi kalori pada siang, sore atau malam harinya. Riset juga mengindikasikan, menunda sarapan berkaitan dengan tingginya indeks masa tubuh pada kalangan remaja.

Mengonsumsi produk susu rendah lemak. Kalsium yang terkandung dalam susu rendah lemak diklaim membantu membakar lebih banyak kalori.

Minum delapan gelas sehari. Minum hampir delapan gelas air (2 liter) dalam sehari dapat membantu membakar ekstra 100 kalori, berdasar penelitian kecil Jerman. Kedengarannya tidak terlalu besar, namun bila dihitung dalam seminggu bisa mencapai 700 kali atau hingga 2.800 sebulan. Namun begitu peneliti juga mengingatkan jangan pernah minum air secara berlebihan karena bisa mengancam kesehatan. Selamat mencoba...


Sumber : perempuan.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami