Bocah Sembilan Tahun Ciptakan Aplikasi iPhone

Nasional / 6 February 2009

Kalangan Sendiri

Bocah Sembilan Tahun Ciptakan Aplikasi iPhone

Lestari99 Official Writer
5397

Ketika kebanyakan anak sebayanya masih menggambari kertas dengan krayon, bocah berusia sembilan tahun bernama Lim Ding Wen dari Singapura, "menggambar" di kanvas yang sangat berbeda, yaitu iPhone miliknya.

Lim yang murid kelas empat SD itu menciptakan aplikasi di telepon genggam populer iPhone produk Apple.

Program aplikasi terakhirnya, sebuah program menggambar bernama Doodle Kids, telah diunduh lebih dari 4.000 kali dari aplikasi iTunes keluaran Apple dalam dua minggu terakhir, lapor the New Paper, Kamis.

Program ini membuat para pengguna iPhone menggambar lewat jari tangannya dengan menyentuh layar sentuh iPhone untuk kemudian membersihkan layar itu dengan mengguncangkan telepon.

"Aku menulis program itu untuk adik bungsu perempuanku yang suka menggambar," kata Lim yang mempunyai dua adik perempuan masing-masing berumur 3 dan 5 tahun.

Lim yang menguasai enam bahasa pemograman, mulai menggunakan komputer di usia 2 tahun.  Sejak usia itu dia telah menyelesaikan 20 proyek pemrograman komputer.

Ayahnya, Lim Thye Chean, adalah seorang kepala bagian teknologi pada satu perusahaan teknologi informasi lokal yang juga menciptakan aplikasi-aplikasi iPhone.

"Setiap malam kami memeriksa statistik pesan email ke kami (melalui iTunes) untuk mengetahui siapa yang lebih banyak mengunduh," kata Lim Thye.

Anak yang suka membaca buku pemograman komputer ini sedang menyelesaikan aplikasi iPhone lainnya, sebuah game fiksi ilmiah bernama "Invader Wars".

Wah, anak zaman sekarang semakin canggih saja. Talenta yang dimaksimalkan sejak dini ternyata memang bisa berkembang dengan pesat. Siapa lagi yang akan menyusul? Berharap anak Indonesia pun memiliki kemampuan yang sama karena Allah yang menciptakan kita sama adanya.

Sumber : antara / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami