Joy Tobing

A to Z Biography / 6 February 2009

Kalangan Sendiri

Joy Tobing

agnes.faith Official Writer
5004

Joy Destiny Tiurma Tobing atau dikenal dengan nama Joy Tobing adalah seorang penyanyi pop Indonesia yang mulai mencuat namanya setelah memenangkan acara adu bakat Indonesian Idol pertama pada 2004 lalu.

Joy bukan hanya seorang penyanyi yang tercatat sebagai juara pertama Indonesian Idol I, melainkan ia juga seringkali memberi kesaksian bahwa apa yang dialaminya merupakan campur tangan Allah.

Dalam beberapa kesempatan, perempuan berdarah Batak ini juga sering membawakan lagu-lagu rohani, baik dalam acara TV maupun dalam pelayanan di gereja. Bukan hanya lagu rohani saja, ia pun sedang merampungkan album pop. "Sekarang aku sudah mempersiapkan album pop. Doakan album ini akan rampung secepatnya," katanya. Ditanya mengenai perasaannya saat melantunkan lagu rohani, Alumnus Sastra Inggris Universitas Kristen Indonesia ini mengatakan, membawa lagu puji-pujian berbeda dengan saat kita menyanyikan lagu duniawi. "Bedanya kalau kita menyanyikan lagu dunia memang tak lepas dari penghayatan hati. Sedangkan lagu puji-pujian selain harus mengerti artinya, kita juga memilik beban. Dalam arti, bila hanya menyanyikannya tanpa menghayati isi lagu tersebut, ya sama juga bohong. Soalnya lagu puji-pujian menganduing makna, yakni Firman Tuhan. FirTu bertahta di atas lagu puji-pujian.

Sebetulnya memjadi penyanyi rohani lebih berat daripada penyanyi duniawi, betapa tidak? Di saat menyanyikan lagu rohani, kita harus memberikan contoh yang baik bagi orang lain dan tidak boleh asal bicara. Terkadang, kata-kata atau tidak. Intinya, kita harus bias menerapkan isi lagu itu dalam kehidupan kita sehari-hari.

Prestasi demi prestasi dalam menyanyi diraih Joy dengan hasil yang memuaskan. Tapi jangan salah, untuk meraih semua itu bukanlah hal yang mudah, butuh perjuangan dan kemauan keras. "Dukungan keluarga dalam hal ini menjadi sebuah motivasi yang kuat untuk mengasah bakatku."

Joy telah merilis seumlah album seperti Album Rohani dan Batak (Joy Record, Rhema record, 1996-2003), Terima Kasih (BMG Indonesia 2004), Rise (2005), Mukjizat tu Nyata (Rhema Records 2006), Faithfull (2008).

Joy sekarang sedang mengajar vocal di sebuah lembaga musik. Sesuai dengan keinginannya menjadi seorang guru vokal, maka ia selalu menyediakan waktu bagi muridnya untuk berlatih vokal tanpa mematok biaya.

Sumber : Praise magazine
Halaman :
1

Ikuti Kami