Tips Disayang Atasan

Investment / 3 February 2009

Kalangan Sendiri

Tips Disayang Atasan

Lestari99 Official Writer
7104

Alangkah senangnya bila atasan memberi perhatian lebih kepada kita. Selain bisa memberi rasa nyaman di kantor juga dapat memudahkan Anda untuk promosi jabatan.

Namun mencari perhatian atasan bukan berarti Anda harus menjadi seorang penjilat dan menghalalkan berbagai cara. Banyak langkah yang bisa Anda tempuh secara profesional dan elegan.

Berikut beberapa trik yang bisa Anda terapkan agar disayang sang pimpinan:

Bertanya seperlunya saja

Jangan pernah mengajukan pertanyaan hanya sekedar untuk menarik perhatian. Bertanyalah kalau memang benar-benar ada hal yang Anda perlu tanyakan.

Datang dengan solusi

Bila tiba-tiba terjadi permasalahan di kantor, sebaiknya Anda mencari terlebih dahulu solusinya sebelum menghadap sang pimpinan. Solusi Anda mungkin bukan yang terbaik tapi setidaknya dapat memberikan perkiraan mengenai penyelesaian masalah. Berikan pula pertimbangan positif dan negatif dari solusi yang Anda ajukan.

Kontrol emosi

Bukan tidak mungkin Anda memiliki atasan yang galak, cerewet ataupun moody. Bukan hal yang mustahil pula jika Anda menjadi sasaran kemarahannya. Jika ini terjadi, sabar dan kontrol emosi adalah kunci utamanya. Mengontrol emosi bukan hanya secara lisan tapi juga secara tulisan, mungkin saja pimpinan Anda meluapkan kemarahannya melalui SMS, atau e-mail.

Penuh semangat kerja

Seorang pimpinan akan senang melihat anak buahnya selalu bersemangat setiap mendapat tugas termasuk tugas tambahan. Jangan pernah menolak tugas tambahan yang diberikan atasan karena siapa tahu Ia sedang menguji kemampuan Anda. Jika bisa menyelesaikannya, mungkin saja promosi jabatan menanti Anda.

Berhenti mengeluh

Karyawan yang sering mengeluh tentang berbagai hal yang menyangkut pekerjaan akan membuat pusing sang pimpinan. Bisa saja jika nanti Anda benar-benar mendapatkan masalah yang sebenarnya, sang atasan tidak lagi memperdulikannya.

Jangan pernah berpura-pura sakit

Jangan buat alasan sakit sebagai alasan setiap kali Anda malas masuk kerja. Ijin sakit, wajib Anda minta bila benar-benar sakit sehingga mengganggu pekerjaan. Sampaikan permintaan ijin sakit melalui e-mail atau telepon kepada atasan, HRD dan rekan-rekan yang terkait pekerjaan dengan Anda.

Sampaikan maaf

Sebaik apapun usaha Anda dalam menjalankan karier, pasti ada kalanya Anda melakukan suatu kesalahan. Bila ini terjadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah permintaan maaf kepada atasan. Lalu ambil pelajaran dari kesalahan tersebut agar Anda tidak melakukan kesalahan serupa di kemudian hari.

Proaktif

Kalau Anda ingin mendapat perhatian sang pimpinan, cobalah bersikap aktif mengajukan ide atau tanggapan yang berkaitan dengan pekerjaan. Pilih ide yang bersifat inovatif dan cukup matang untuk dibahas.

Sumber : conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami