Bersosialisasi Jauhkan Alzaimer

Psikologi / 2 February 2009

Kalangan Sendiri

Bersosialisasi Jauhkan Alzaimer

Puji Astuti Official Writer
5670

 

London - Membuat hari-hari Anda dipenuhi dengan kegiatan sosial mencegah Anda untuk tidak terserang dementia, demikian ungkap hasil sebuah penelitian.

 

Dementia adalah kumpulan gejala klinik yang disebabkan oleh berbagai latar belakang penyakit yang ditandai oleh hilangnya memori jangka pendek dan gangguan global fungsi mental termasuk fungsi bahasa, mundurnya kemampuan berpikir abstrak, kesulitan merawat diri sendiri, perubahan perilaku, emosi labil, dan hilangnya pengenalan waktu serta tempat tanpa adanya gangguan tingkat kesadaran atau situasi stres, sehingga menimbulkan gangguan dalam pekerjaan, efektivitas harian dan sosial, yang disebabkan oleh berbagai keadaan yang sebagian masih reversibel. Salah satu tipe dementia, yaitu dementia alzheimer atau pikun.

 

Orang yang aktif secara sosial ditemukan tidak mudah stress dan hanya memiliki resiko 50% terserang dementia, dibandingkan dengan orang yang penyendiri, demikian laporan sebuah jurna Neurology.

 

"Dulu, penelitian menemukan bahwa stress kronis akan berdampak pada jaringan otak, seperti hippocampus, sebuah kemungkinan kearah dementia," demikian jelas Hui-Xin Wang dari Karolinska Institut di Swedia yang melakukan penelitian tentang hal ini.

 

"Dan berdasarkan temuan kami bahwa memiliki kepribadian yang mudah bergaul dan di kombinasi dengan gaya hidup yang penuh dengan kegiatan sosial akan mengurangi resiko terserang dementia."

 

Diperkirakan sekitar 24 juta orang di seluruh dunia mengalami kehilangan ingatan, dan juga banyak gejala lain yang mengarah kepada penyakit Alzheimer dan penyakit dementia lainnya.

 

"Berita baiknya, faktor gaya hidup masih bisa di modifikasi dan hal ini berbanding terbalik dengan faktor genetika yang tidak bisa kita kontrol," ungkap Wang. "Tetapi hal ini barulah hasil penelitian awal, dan bagaimana tepatnya sikap mental mempengaruhi resiko seseorang terkena dementia hal itu masih belum jelas benar."

 

Ternyata nasihat Alkitab untuk tidak menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, memang beralasan kuat. Selain menjaga iman Anda, hal itu membuat Anda tetap berada di lingkuangan positif serta mencegah Anda terserang penyakit seperti dementia ini.

Sumber : Reuter.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami