Seeing The Unseen

Kata Alkitab / 2 February 2009

Kalangan Sendiri

Seeing The Unseen

Lestari99 Official Writer
8535

Sering kali kita mengeluh akan apa yang kita alami di dalam hidup ini. Segala sesuatu terasa tidak adil. Tidak jarang pula kita rasakan hidup orang lain lebih beruntung dan lebih indah. Mereka memiliki semua hal yang tidak kita miliki. Kita selalu membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain. Lalu akhirnya kita menyalahkan orang lain atau bahkanTuhan atas berbagai penderitaan yang kita alami.

Kita tahu bahwasanya semua yang ada di dunia ini memiliki fungsi atau kegunaan. Tapi, kata-kata ini terasa seperti sampah ketika kita menghadapi masalah. Kita tidak habis berpikir, sebenarnya apakah fungsi dan kegunaan masalah? Di mata kita masalah tidak berguna sama sekali, masalah menjadi sesuatu yang menyebalkan dan begitu tidak diinginkan. Apalagi bila masalah itu datang bertubi-tubi.

Untuk mengetahui fungsi dan kegunaan masalah, marilah kita klasifikasikan masalah itu terlebih dahulu. Berdasar pada asalnya, maka kita dapat klasifikasikan masalah menjadi:

Masalah yang berasal dari diri sendiri.

Banyak orang tidak menyadari bahwa diri merekalah sumber dari masalah yang mereka hadapi. Lalu apakah gunanya? Apakah masalah yang berasal dari diri sendiri memiliki kegunaan? Bayangkanlah bila Anda berkubang dalam seks pranikah,  kecanduan alkohol, perjudian, atau obat terlarang. Lalu masalah yang Anda hadapi adalah: terkena penyakit kelamin, hubungan rumah tangga yang retak, kemiskinan, dan masuk penjara. Mungkin contoh di atas terlalu ekstrim, banyak juga perbuatan  sepele seperti buruknya manajemen waktu, kurang menghargai orang lain, kurang bertanggungjawab, tidak bisa menyimpan rahasia, suka bohong, iri hati, dan lain-lain. Yang menelurkan masalah seperti; tidak dihargai, merasa tidak aman, tidak lagi dipercaya, sering dimarahi atasan, pekerjaan yang tak kunjung selesai, dan masih banyak seabreg masalah lainnya. Adakah kita temukan kegunaan dari masalah yang Anda hadapi? Tetap saja ada! Masalah yang timbul dari perbuatan Anda berguna untuk menyadarkan Anda bahwa hukum sebab-akibat tidak pernah lalai melakukan tugasnya. Perlu diingat bahwa sudut datang sama dengan sudut pantul. Masalah yang timbul dari perbuatan Anda sendiri berfungsi menyadarkan Anda bahwa ada sesuatu yang salah dan Anda telah salah arah.

Masalah yang berasal dari orang lain.

Kita hidup dalam dunia yang penuh warna, kadang-kadang kita bertemu dengan makhluk yang "nyentrik" alias "nyeleneh". Mereka jadi sumber masalah dalam hidup kita. Kekesalan, kekecewaan, sakit hati, kepahitan dan dendam terus-menerus menjadi masalah kita. Kita harus ingat Pengkhotbah 3:11b, "Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir."

Tuhan bisa pakai semua orang menjadi alat-Nya. Bahkan orang yang paling menjengkelkan dalam hidup kita pun bisa dipakai menjadi alat-Nya.

We can't see the whole picture He's painting, all we see is the part where those "good for nothing" hurt us. But time will tell, somehow all those "torture", all those agony has a purpose.  

Kita memang tidak bisa melihat gambaran besar yang sedang dibuat oleh-Nya. Sering kali yang bisa kita lihat hanyalah hal-hal yang telah menyakiti kita. Tapi waktu akan menunjukkan bahwa segala penderitaan itu memiliki sebuah tujuan yang baik.

Setelah beberapa saat kita lewati perlakuan tidak mengenakkan tersebut, kita menjadi semakin kuat atau semakin lemah. Semua tergantung dari bahan apakah mental Anda dibuat. "Semakin besar apinya, semakin murni emasnya."

Semua rencana Tuhan itu sempurna. Lalu apakah yang disebut sempurna? Kesempurnaan datang dari sebuah proses penyempurnaan. Dan hanya dengan masalah saja kita disempurnakan. Kalau kita tilik ke Pengkhotbah 3:11a, "Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka," maka waktunya itu bukan "waktu-Nya". Yang disebut dengan waktunya adalah waktu kita  sebagai manusia, yaitu waktu ketika kita sudah menjadi murni alias sudah mencapai tujuan dari ujian tersebut. Semua akan terasa indah ketika kita sudah melewati proses penyempurnaan. Ingatlah bahwa indahnya pelangi hanya dapat dinikmati setelah hujan.

Lalu, bagaimana caranya menghadapi masalah? Setiap masalah memiliki solusi yang berbeda-beda. Tapi kita dapat menarik sebuah garis besar bagaimana menghadapi masalah. Menurut Jack Canfield seorang pakar motivasi, kita dapat membuat sebuah rumus.

E+R=O

E=Event R=Response O=Outcome

E adalah segala sesuatu di sekitar kita yang tidak dapat kita ubah. Seperti ruang, cuaca, waktu, masyarakat, budaya, keadaan.

R adalah respon kita terhadapnya. Cara kita menanggapi semua hal tersebut.

O adalah hasil dari respon kita terhadap E. Jadi jika Anda ingin menghasilkan O yang baik, Anda harus merubah R (respon) Anda! E hanyalah lingkungan Anda apa adanya!

Kita beri contoh: Kita tidak bisa merubah fakta bahwa Jakarta adalah kota yang luar biasa macet. Lalu? Apakah respon kita? Berhentilah mengeluh dan menyalahkan keadaan! Kita punya kekuatan untuk merubah keadaan. Maka sediakanlah waktu lebih awal untuk bangun pagi mengejar waktu. Atau carilah pekerjaan yang tidak mewajibkan Anda untuk pergi ke kantor. Maka hasilnya adalah: Anda tidak akan lagi terlambat ke kantor dan dimarahi oleh bos Anda.

Contoh lain: Anak dan rumah tangga kita berantakan. Anda bisa terus-menerus menyalahkan keadaan, mulai mengeluh karena menikahi orang yang salah, mulai menyalahkan mertua yang terlalu ikut campur urusan rumah tangga Anda dan lain-lain. Atau mulailah berubah! Perbaiki karakter, sediakan waktu untuk anak-anak Anda, perbanyak komunikasi dengan pasangan Anda. Beberapa kasus berakhir dengan perceraian, jangan salahkan anak Anda yang tidak menghargai Anda. Cara terbaik menunjukkan cinta Anda pada anak adalah mencintai ibunya, bukan menyakitinya! Pilihannya ada pada Anda!

Anda ingin orang lain memberi respon yang Anda harapkan? Janganlah banyak berharap selama Anda tidak bisa mulai untuk merespon mereka dengan respon yang Anda harapkan dari mereka. Semua hal ini hanyalah masalah karakter, memutuskan untuk mengambil tindakan yang tepat! Mulailah dengan merespon secara positif terhadap semua permasalahan Anda dan Anda akan melihat keindahan di balik masalah itu! Anda dapat menjalani kehidupan ini sebagai korban dari masalah, atau sebagai pemenang atas setiap masalah. Pilihannya ada di tangan Anda! Tidak akan ada yang berubah sampai Anda sendiri memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda! Tuhan memberkati.

Halaman :
1

Ikuti Kami