Pelajaran Bisnis Penting Dari...

Investment / 31 January 2009

Kalangan Sendiri

Pelajaran Bisnis Penting Dari...

Puji Astuti Official Writer
3269

Setiap tahun, berbagai buku tentang bisnis diterbitkan, tentang bagaimana membawa usaha Anda ke level yang lebih tinggi. Tetapi sebenaranya inspirasi bisa datang dari mana saja, bahkan dari tempat yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Anda bisa dapat inspirasi dari sebuah cerita tragedy, atau berita sore, dari seorang pemin basket, sebuah film atau bahkan dari sebuah band yang tiba-tiba menjadi terkenal.

Jadi mari kita coba belajar beberapa pelajaran bisnis yang datang dari tempat tidak biasa berikut

Valentino Achak Deng

Apa yang bisa Anda pelajari: Meskipun halangan sepertinya tidak bisa diatasi, tetap pegang apa yang menjadi target Anda dan jangan pernah menyerah.

Valentino Achak Deng adalah tokoh yang diangkat menjadi novel yang di tulis oleh Dave Eggers. Deng ini adalah orang Sudan. Deng terpisah dari keluarganya dalam suatu perang, dan menghindari prajurit musuh dalam perjalanannya mencari tempat aman. Meskipun menghadapi masalah yang begitu berat, Deng tidak pernah kehilangan harapan, dan tetap memegang komitmennya untuk bicara tentang apa yang terjadi di negaranya serta mendidik orang-orang senegaranya, dengan membangun sebuah tempat pendidikan di kampong halamannya dengan uangnya sendiri.

"Saya  akan menceritakan pada orang-orang yang ingin mendengarkan saya dan kepada mereka yang tidak mau," kata Deng, "kepada orang-orang yang mencari saya dan orang yang menhindari saya."

Tina Fey

Yang bisa Anda pelajari dari Tina Fey adalah tetap lihat kesempatan baru yang ada di sekitar Anda, sesibuk apapun Anda.

Tina Fey adalah seorang artis komedian dan juga penulis scrip. Salah satu acara yang dia tulis scripnya dan juga dibintanginya menyabet tujuh penghargaan Emmy pada tahun lalu. Tetapi satu kesempatan yang dengan jeli dia lihat adalah saat dia menjadikan Sarah Palin, kandidat wakil presiden dari partai republik sebagai bahan komedinya.

Kemiripan yang dibuatnya sewaktu menirukan Sarah Palin membuat penampilannya di YouTube melejit. Hal ini membuat nama Fey dikenal dan berbalik berbagai penawaran datang padanya. Bagaimanapun kemampuan Tina Fey untuk mengangkat suatu topik menjadi bahan komedi mendapat pengakuan melalui debutnya itu.

Radiohead

Apa yang bisa Anda pelajari dari band Radiohead? Inovasi akan membawa Anda melalui masa demi masa.

Era internet mulai mendominasi dunia bisnis. Hal ini termasuk di bisnis musik. Hal ini dapat dengan jelas di lihat oleh Radiohead, dan hebatnya mereka bisa beradaptasi. Mereka menawarkan album terbaru mereka di internet dan memberi fans mereka pilihan harga.  Pada Oktober 2008, album terbaru mereka terjual 3 juta kopi.

LeBron James

Pelajaran yang bisa Anda dapat dari LeBron: Sesukses apapun Anda, terus bertumbuh, jangan cepat puas diri.

Ketika kebanyakan atlit berharap menghasilkan score yang bagus supaya diperpanjang kontraknya, bintang di lapangan basket ini, LeBron James mau memperluas kapasitas dirinya untuk mencapai sesuatu. Dalam umur awal 20an, dia meminta manajernya membuatkannya sebuah perusahaan baginya, LRMR marketing.

Untuk membangun bisnis global, dia mulai belajar bahasa Mandarin selama dua tahun dimana dia bisa membangun relasi saat dia bertanding pada Olimpiade Beijing. Semua kerja kerasnya ternyata membuahkan hasil, saat ini dia menjadi penghubung bagi manajemen dari ikon Warren Buffet.

Kehidupan menyediakan segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk sukses. Jadi jangan pernah berkata bahwa Anda tidak memiliki apapun dalam hidup ini, sehingga itu menjadi alasan untuk Anda tidak mencapai apapun. Lihatlah sekeliling Anda, Tuhan sudah menyediakan semua sumber daya yang Anda butuhkan.

Sumber : Entrepreneur.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami