Bercermin Perilaku

Career / 27 January 2009

Kalangan Sendiri

Bercermin Perilaku

agnes.faith Official Writer
2805
Meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan bagaimana pandangan orang terhadap diri kita merupakan latihan penting yang dapat memberikan dampak lebih jauh. Mungkin anda tidak peduli dengan apa yang dilakukan oleh Reza di bagian keuangan, atau apa pendapat Dewi si resepsionis mengenai diri anda, tetapi siapa tahu pada satu hari nanti si Dewi menjadi seketaris Direktur HRD dan si Reza naik jabatan menjadi auditor keuangan perusahaan.

Penting menyadari untuk selalu berperilaku sopan dan pantas. Jika anda sungguh-sungguh berpikir mengenai bagaimana dampak perilaku terhadap rekan kerja yang lain, anda akan mengerti bagaimana berperilaku sopan dan baik dan bagaimana memperbaiki hubungan dengan sesama rekan kerja.

Berikan image yang ramah dengan memelankan suara anda saat berbicara di telepon, pelankan cara membuka dan menutup laci, pelankan bunyi ketikan anda pada keyboard komputer. Rekan sekerja anda yang lain akan sangat menghargai bila anda tidak berisik.

Tentu saja hebat bila baru-baru ini anda berhasil mendapatkan kata sepakat dengan pelanggan yang susah. Tidak perlulah rekan kerja mendengar kehebatan tersebut dari mulut anda. Simpan keberhasilan sampai orang lain mengetahuinya sendiri dan memberikan pujiannya secara langsung kepada anda.

Jika beredar gosip di kantor, jangan berikan komentar anda walaupun tentang orang yang tidak anda sukai. Jangan sampai komentar terhadap gosip yang sedang berkembang menjadi bumerang, yang membuat anda dijauhi rekan lainnya.

Selalu rapih terhadap segala sesuatu yang anda gunakan, misalnya mencuci gelas atau piring. Jangan tinggalkan di wastafel atau di pantry secara sembarangan dan memberi kesan seolah-olah bukan tugas anda untuk membersihkannya. Meskipun benar, bahwa hal tersebut bukanlah bagian dari pekerjaan anda, tak menjadikan anda kehilangan rasa hormat.

Set telepon genggam anda pada posisi silent. Belum tentu nada suara telepon genggam anda disukai oleh orang lain dan justru membuat orang lain tidak dapat berkonsentrasi bekerja pada saat berbunyi.

Usahakan untuk tidak membeberkan ketidakbahagiaan kehidupan pribadi maupun profesional anda. Rekan kerja akan takut melihat sikap negatif anda saat menghadapi kejadian tertentu. Selain kemungkinan lain yaitu, cerita anda dapat menjadi gosip terhangat minggu ini di tempat kerja.

Rekan kerja akan sangat menghargai bila anda tidak menggunakan milik pribadi mereka semaunya, misalnya tidak menggunakan bolpen atau penghapus teman tanpa restu dari pemiliknya.

Tentu saja komunikasi dengan sesama rekan kerja perlu, tetapi jika ada rekan kerja yang menceritakan gosip, simpan gosip tersebut untuk diri sendiri. Anda harus menyadari bahwa semua yang ada di situ tujuannya untuk bekerja. Berbicaralah seperlunya saja dan jangan habiskan waktu untuk mengobrol berjam-jam.

Lingkungan terbaik untuk bekerja adalah tempat di mana antar sesama rekan kerja dapat saling akur dan membangun persahabatan. Meskipun demikian jika ada masalah yang terjadi di antara sesama rekan kerja sangatlah penting untuk segera mengenalinya dan memperbaikinya. Menjaga kerja sama yang baik dan lingkungan yang ramah serta sehat merupakan kepentingan terbaik, bagi Anda maupun bagi perusahaan.

Sumber : perempuan
Halaman :
1

Ikuti Kami