Pendongkrak Semangat Kerja

Investment / 27 January 2009

Kalangan Sendiri

Pendongkrak Semangat Kerja

Lestari99 Official Writer
3235

Kejenuhan merupakan penyakit langganan para pekerja setelah menjalani peran rutin beberapa lama. Apalagi bila load kerja sangat padat dan tak menyisakan waktu untuk "bernapas". Waspadai situasi ini. Bila tak diatasi, rasa bosan bisa membuat semangat kerja hilang dan produktivitas menurun. Untuk mendongkrak semangat, jadikan kegiatan tak biasa ini sebagai bagian dari rutinitas Anda di kantor.

Membaca Buku

Membaca buku, lembaran koran atau majalah di sela jam kerja, setelah menyelesaikan satu tugas, bisa jadi sarana pelarian yang efektif dari rutinitas pekerjaan. Bahkan, dari sini Anda bisa menemukan ide-ide segar untuk menyelesaikan tugas. Keuntungan lainnya, wawasan Anda pun jadi lebih ter-update dan tak akan canggung lagi mengikuti diskusi mengenai topik hangat dengan rekan yang lain.

Take A Break

Setiap perusahaan memang memberi waktu untuk istirahat siang sekitar satu jam. Namun, para ahli menyarankan agar kita mengikuti isyarat tubuh untuk sejenak istirahat saat pikiran dan tubuh terasa overload.

"Manusia hanya bisa berkonsentrasi 45 menit setiap waktunya," kata Doris Jeanette, psikolog dari Center for New Psychology di Philadelphia, AS. Karena itu ia menyarankan agar para pekerja break sejenak setelah bekerja selama 50 menit. Mengambil istirahat siang lebih lama dari biasanya juga dianjurkan bila Anda merasa sangat lelah. Setelah kembali, pastikan pikiran dan tubuh lebih segar sehingga Anda pun kembali produktif bekerja.

Kesampingkan Tugas Berprioritas Rendah

Saat tugas-tugas menumpuk, tak ada salahnya mengesampingkan pekerjaan yang punya prioritas rendah. Dengan taktik ini Anda jadi punya tambahan waktu dan energi untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan jenis top priorities.

Abaikan E-mail

Langsung membalas e-mail yang masuk merupakan kebiasaan banyak orang. Padahal, kegiatan itu seringkali mengganggu konsentrasi. Karena itu, jadwalkan untuk mengecek email yang masuk setiap beberapa jam sekali.

Bersih-Bersih Tugas

Luangkan waktu sehari setiap bulannya untuk membereskan tugas-tugas dengan prioritas rendah atau tugas yang belum selesai.

Turunkan Standar

Banyak orang yang menunda-nunda pekerjaan karena mereka terlalu perfeksionis. Padahal, sesuatu yang sempurna tak selalu mungkin. Dengan sumber daya yang ada, kita tetap bisa kok melakukan yang terbaik tanpa dibebani oleh harapan yang terlalu muluk.

Sumber : careerbuilder / kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami