Wanita Lebih Sering Bermimpi Buruk

Psikologi / 26 January 2009

Kalangan Sendiri

Wanita Lebih Sering Bermimpi Buruk

Puji Astuti Official Writer
6649

Mimpi buruk bisa dialami siapa saja, baik laki-laki ataupun perempuan. Namun menurut hasil penelitian di Inggris, jika dibandingkan dengan laki-laki, kaum perempuan ternyata lebih sering mengalami mimpi buruk. 

Hal ini terjadi karena kaum perempuan sulit menetralisir perasaan yang berkecamuk dalm dirinya sepanjang hari. Hingga akhirnya, rasa khawatir dan emosi tersebut terbawa hingga mereka tidur dan masuk ke dalam dunia mimpi.

 

Jennifer Parker, Psikolog dari University of the West of England(UWE), Bristol, melakukan penelitian terhadap 193 laki-laki dan perempuan, selama lebih dari 5 tahun.

Dalam penelitian itu, para responden diminta untuk merekam dan mencatat setiap mimpi yang mereka alami setiap hari. Dari rekaman dan catatan tersebut, Ia mencari tahu perbedaan mimpi yang dialami antara kaum laki-laki dan perempuan.

Hasilnya hanya 19 persen laki-laki yang mengaku sering mengalami mimpi buruk, berbanding jauh dengan 34 persen perempuan yang mengaku mengalami hal yang sama.

"Dari hasil penelitian kami, ditemukan perbedaan intensitas mimpi buruk antara laki-laki dan perempuan. Perempuan ternyata lebih sering bermimpi buruk, dimana mimpi itu melibatkan perasaan secara emosional," tutur Jennifer, yang memimipin penelitian.

Menurut para peneliti, perempuan lebih sering membawa persoalan personal kedalam dunia mimpi dibandingkan kaum laki-laki. Mereka tampak sulit mengalihkan persolaan yang dialaminya sepanjang hari hingga akhirnya terbawa tidur.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa mimpi buruk yang sering dialami perempuan terbagi dalam tiga kategori, yaitu bermimpi tentang ancaman terhadap dirinya, tentang kehilangan seseorang serta mimpi yang tampak tidak jelas dan membingungkan.

"Namun yang menarik, ternyata laki-laki dan perempuan mengalami pengalaman mimpi yang sama. Bedanya, pengalaman mimpi itu lebih sering dialami kaum perempuan," ungkap Jennifer.

"Perempuan lebih sering mengalami mimpi yang tidak menyenangkan dibandingkan laki-laki. Misalnya bermimpi tentang kegagalan ataupun kesialan yang dialami," tambahnya.

Selain itu, mimpi buruk perempuan lebih berhubungan dengan anggota keluarga dan perasaan negatif terhadap sesuatu. Sementara kaum laki-laki lebih sering bermimpi erotis.

Sepertinya, agar tidak sering mimpi yang aneh-aneh, berdoa dulu sebelum tidur. Serahkanlah segala kekuatiran Anda kepada Tuhan dalam doa dan ucapan syukur. Dan semoga mimpi yang indah.

Sumber : conectique.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami