Bush: Obama Harapan AS

Nasional / 19 January 2009

Kalangan Sendiri

Bush: Obama Harapan AS

Tammy Official Writer
4073
Presiden AS George W Bush memuji pelantikan Barack Obama pada 20 Januari mendatang sebagai momen bagi harapan dan kebanggaan nasional. Tetapi, ia juga mengingatkan rakyat AS agar tidak menyerah dalam perang melawan terorisme.

Dalam pidato perpisahan setelah delapan tahun kepemimpinannya, Bush yang popularitasnya merosot tajam menyerukan, perlunya kesepakatan rakyat AS tentang kehadiran kembali kepemimpinan AS di tingkat global dan menyongsong datangnya presiden berkulit hitam AS pertama yang bersejarah.

"Obama adalah seseorang yang kisah hidupnya merefleksikan janji tanah kita (Amerika) yang abadi," kata Bush dalam pidato perpisahan yang disampaikan di Gedung Putih. Pidato Bush tersebut menjadi penampilan terakhir Presiden AS dari Partai Republik di depan publik, sebelum ia menyambut kedatangan penggantinya di Gedung Putih pada 20 Januari.

Bush"Inilah momen harapan dan kebanggaan bagi bangsa kita secara keseluruhan. Dan, saya bergabung dengan seluruh rakyat Amerika untuk menyampaikan harapan terbaik bagi presiden terpilih Obama, istrinya Michelle, dan dua putri mereka yang cantik-cantik," kata Bush.

Dalam pidato tersebut, Bush mengatakan, upaya-upaya harus tetap dilakukan untuk mempertahankan AS lebih aman pasca-11 September. "Kita telah melancarkan peperangan terhadap para teroris," kata Bush. "Pada saat bangsa kita sudah lebih aman ketimbang tujuh tahun silam, ancaman terbesar bagi rakyat kita tetap serangan teroris yang lain," tuturnya.

Kini, negara-negara lain segala sesuatunya dibuat berangsur kembali pada kehidupan yang normal pascaserangan 2001.


Sumber : suarapembaruan.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami