Chaves Jadi Pahlawan Di Lebanon

Nasional / 15 January 2009

Kalangan Sendiri

Chaves Jadi Pahlawan Di Lebanon

Puji Astuti Official Writer
3534

Sebuah Kota di Lebanon bagian Utara menamakan jalanan kotanya dengan nama Presiden Venezuela, Hugo Chavez. Menurut Wali Kota Bireh, Mohammed Wehbe, Chavez kini pahlawan Arab karena keputusannya menutup Kedutaan Israel di Venezuela setelah Negara Zionis itu melakukan serangan ke Jalur Gaza, Palestina, sejak 27 Desember lalu.

"Inilah yang bisa kita lakukan, untuk orang yang menurut kami hebat, dan berani menghadapi zionis. Kami menghormatinya," ungkap Mohammed Wehbe, Wali Kota Bireh, Selasa (13/1).

Bireh merupakan
kota pelabuhan di sebelah utara 45 km dari Tripoli. Saat acara penamaan jalan tersebut, sejumlah warga membawa spanduk bertuliskan "Bangsa ini membutuhkan orang seperti Chavez." Terdapat juga tulisan "Chavez berani mengusir Duta Besar Israel, kapan negara-negara Arab melakukan seperti itu?"

Tak cukup hanya itu, gambar Presiden Venezuela tersebut, bahkan dipasang di seputar kota yang berpenduduk 17.000 orang ini. Sejak aksi pengusiran yang dilakukan Chavez, gambarnya dan bendera Venezuela kerap dibawa para demonstran yang memprotes kekerasan Israel di Tepi Barat. Keputusan Chavez mengusir Duta Besar Israel terjadi pada 6 Januari lalu di Caracas. Hanya dua negara yang melakukan tindakan tersebut, yakni Venezuela dan Mauritania di Afrika.

Aksi Chavez menjadikannya pahlawan di Palestina. Bahkan, pejuang Hamas yang menguasai Gaza menyambut Chavez yang mereka nilai berani dalam mengambil keputusan.

Sumber : Suara Pembaruan/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami