Bersikap Adil Terhadap Si Kembar

Parenting / 14 January 2009

Kalangan Sendiri

Bersikap Adil Terhadap Si Kembar

agnes.faith Official Writer
2985

Memiliki anak kembar memang memiliki keunikan tersendiri untuk mengurus dan membesarkannya. Selain karena memiliki kecenderungan lebih sensitif, berbagi keadilan pun bukan hal yang mudah.

Usahakan tidak membandingkannya antara satu dengan yang lain, dengan cara meminta salah satu dari mereka untuk menjadi yang lainnya. Sadarilah, bahwa meskipun mereka kembar, tetapi bukan berarti mereka akan memiliki karakter yang sama, biarkan mereka tetap menjadi apa yang mereka kehendaki.

Karena emosi mereka yang berhubungan dan lebih sensitif, usahakan berhati-hati dalam menyampaikan pujian, hal ini tidak lantas mengharuskan anda memuji sang adik kala anda memberikan pujian kepada kakaknya, tetapi jelaskan kepada yang lebih muda kenapa anda memuji kakanya, sekaligus membangkitkan semangatnya. Dan pastikan tidak memujinya secara berlebihan dan berlarut-larut, misalnya hingga tiga hari kedepan.

Lupakan mengkritik mereka dengan kata-kata yang menyurutkan semangat mereka, karena bukan saja akan membuat mereka menjadi jauh dari anda, sekaligus menjauhkan mereka dari saudara kembarnya. Secara tidak sadar, kalimat anda akan mengarahkan mereka untuk bersaing. Menjadi lebih baik dari contoh paling dekat dengan mereka.

Apabila terlontar tanpa sengaja, mungkin karena emosi, bertanggung jawablah dan minta maaf pada anak anda. Tidak, melakukannya tidak akan menghilangkan harga diri dan kehormatan anda sebagai orangtua.

Kata memiliki kekuatan magis yang seringkali sulit dijelaskan, oleh karena itu, sering-seringlah meyakinkan anak anda betapa anda sayang kepada mereka. Cukup dengan kata "aku sayang," atau "aku bangga," dapat menggembungkan dada anak anda, sekaligus meningkatkan kepercayaan dirinya.

Memang jika dalam keseharian anda akan menemukan bahwa anak kembar senantiasa diberikan pakaian yang seragam, dimasukan dalam sekolah yang sama, bahkan kelasnya juga, bukan semata menunjukan kepada orang lain bahwa mereka anak kembar, tetapi justru menghindari rasa iri dan cemburu terhadap sesama mereka.

Sumber : perempuan
Halaman :
1

Ikuti Kami