Menjadi Motivator Bagi Rekan Anda

Career / 13 January 2009

Kalangan Sendiri

Menjadi Motivator Bagi Rekan Anda

agnes.faith Official Writer
2792

Kita percaya, setiap kata selalu bermakna bagi setiap orang yang mendengarnya. Setiap kata, adalah layaknya pemicu, yang mampu menelisik sisi terdalam hati manusia, dan membuat kita melakukan sesuatu. Kata-kata, akan selalu memacu dan memicu kita untuk menggerakkan setiap anggota tubuh kita, dalam berpikir, dan bertindak.

Kita percaya, kata-kata yang santun, sopan, penuh dengan motivasi, bernilai dukungan, memberikan kontribusi positif dalam setiap langkah manusia. Ujaran-ujaran yang bersemangat, tutur kata yang membangun, selalu menghadirkan sisi terbaik dalam hidup kita.

Mendapatkan apa yang anda inginkan seringkali membutuhkan kerjasama dengan orang lain, terutama ketika anda mengerjakan suatu proyek yang sangat penting. Untuk itu anda harus memperlakukan mereka dengan benar sehingga mereka bukan saja memberi bantuan yang anda inginkan, tetapi juga melakukannya dengan senang hati. Berikut beberapa tips untuk dapat merangsang sisi terbaik dari orang-orang yang bekerjasama dengan anda.

Beri mereka motivasi untuk membantu anda. Tunjukkan bahwa anda butuh pertolongan mereka, bahkan ketika anda belum dapat memberitahu dengan tepat apa yang anda butuhkan hingga menjelang tenggat waktu. Dengan cara itu, setidaknya mereka akan meluangkan waktu untuk anda.

Tunjukkan pada mereka manfaat dari membantu anda. Orang akan termotivasi bila mendapat penghargaan. Ganjaran yang tepat untuk setiap orang berbeda-beda. Ada dua tipe penghargan yang dapat diberikan, pertama penghargaan yang berupa iming-iming dan kedua adalah ganjaran yang tak perlu anda janjikan terlebih dahulu. Memberi pujian merupakan salah satu penghargaan yang dapat membuat seseorang merasa diperhatikan.

Menciptakan atmosfer yang memacu semangat. Buatlah agar pekerjaan ini menyenangkan. Untuk itu anda perlu melakukan koordinasi, mengecek tugas yang sudah tuntas, menjelaskan tugas baru serta menyampaikan rasa terimakasih dan pujian.

Bersikaplah positif dan penuh penghargaan, meskipun anda sedang stress. Jangan terlalu bossy, upayakan selalu meminta orang lain untuk melakukan sesuatu dan bukan memerintah mereka. Terlibatlah secara langsung untuk mengerjakan tugas-tugas yang mungkin membosankan dan tidak menyenangkan bersama mereka.

Bangun hubungan dan jaringan yang kuat. Jangan hanya membatasi diri hanya pada orang-orang dalam lingkup perusahaan. Jalin dan pertahankan hubungan dengan orang lain di luar kantor, termasuk pelanggan, pemasok, orang yang sudah pindah kerja, hubungan baik yang anda jalin melalui teman dekat, orang yang biasa anda ajak bekerjasama di perusahaan lain dan seterusnya.

Sumber : perempuan
Halaman :
1

Ikuti Kami