Alam Bawah Sadar Bantu Buat Pilihan

Psikologi / 8 January 2009

Kalangan Sendiri

Alam Bawah Sadar Bantu Buat Pilihan

Puji Astuti Official Writer
4628

Hidup ini adalah pilihan. Seringkali kita dihadapkan pada situasi pelik dimana kita harus menentukan suatu pilihan. Agar tidak salah memilih, tak jarang kita memikirkannya secara berlebihan hingga mengganggu waktu tidur. Tapi taukah Anda, kalau ternyata pikiran alam bawah sadar kita dapat membantu dalam menentukan suatu pilihan? 

Hal ini diyakini oleh sekelompok peneliti dari Duke University. Mereka mengungkapkan bahwa, tanpa harus memaksa otak kita bekerja memikirkannya, alam bawah sadar dapat menuntun kita menentukan sebuah pilihan,

Dalam riset tersebut para peneliti yang terdiri dari John W. Payne, Adriana Samper, James R. Bettman dan Mary Frances Luce, mengajak para patisipan bermain dalam undian lotere.

Mereka menugaskan para partisipan untuk memilih 4 macam undian yang tersedia. Untuk tugas ini para partisipan dibagi dalam 3 kelompok. Kelompok pertama diperintahkan untuk memilih undian dalam hitungan waktu. Kelompok kedua diminta memilih undian tersebut tanpa batasan waktu atau selama yang mereka inginkan. Sementara kelompok ketiga dibuat bingung terlebih dulu sehingga tanpa sadar mereka harus berpikir dalam menentukan pilihan tersebut.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan, dalam beberapa hal partisipan yang menggunakan alam bawah sadar sangat efektif dalam menentukan keputusan. Namun disaat dihadapkan dengan undian berhadiah yang bisa dimenangkan, mereka tetap mempertimbangkan langkah utama yang akan diambil. Sementara para partisipan yang sebelumnya dibuat bingung dan berpikir, sangat buruk dalam percobaan tersebut. Mereka terlalu banyak berpikir sehingga pikiran mereka terbagi dan mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan.

Meskipun hasil riset ini menarik, namun para peneliti memperingatkan bahwa tidak selamanya pikiran bawah sadar efektif dalam menghasilkan keputusan, tetapi ada batasan-batasannya. Oleh sebab itu, sebaiknya setiap masalah dihadapi dengan tenang, lebih fokus dan selain itu libatkan Tuhan dalam setiap keputusan Anda.

Sumber : conectique.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami