Musik, Olahraga Jadi Mudah Dan Menyenangkan

Psikologi / 5 January 2009

Kalangan Sendiri

Musik, Olahraga Jadi Mudah Dan Menyenangkan

Puji Astuti Official Writer
5860

Olahraga, bagi yang tidak rutin melakukannya mungkin menjadi kegiatan yang berat dan melelahkan. Untuk Anda yang ingin hidup sehat namun merasa sulit untuk berolahraga, mungkin cara yang satu ini bisa membantu Anda.

Lain kali ketika Anda berolahraga, coba gunakan MP3 atau iPod untuk mendengarkan musik sambil berolahraga; menurut sebuah artikel New York Times, musik bisa memotivasi Anda untuk berolahraga lebih lama dan lebih intens, juga mengalihkan perhatian dari rasa lelah. Tapi musik apa yang cocok untuk berolahraga?

Kalau menurut Dr. Costas Karageorghis, seorang profesor psikologi olahraga di Brunel University, Inggris, musik yang tepat adalah yang memiliki tempo 120 hingga 140 ketukan per menit (Beat per Minute/BPM), seperti kebanyakan musik-musik dance atau rock. Ada ahli lain yang juga menekankan pentingnya ritme dan birama yang relatif konsisten, sehingga musik-musik seperti free jazz, hard-core punk, atau indie rock dianggap tidak cocok untuk berolahraga yang membutuhkan banyak gerakan tubuh.

Bagaimana dengan musik-musik metal? Dikatakan kalau metal cocok untuk jenis olahraga yang bersifat body-building (membentuk otot), misalnya angkat beban.

Sekarang, mungkin Anda bisa mencoba ide ini. Cari musik kegemaran Anda dan berolahragalah. Hati senang dan tubuh menjadi sehat.

Sumber : popsy.wordpress.com
Halaman :
1

Ikuti Kami